Hidayat, Muhammad Syaifur Rizal (2018) Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN Bondowowso 1 Tahun Pelajaran 2016- 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Syaifur Rizal Nur Hidayat_084 123 063.pdf Download (3MB) |
Abstract
Saat ini dunia pendidikan kita belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan mayarakat. Fenomena itu ditandai dari rendahnya mutu lulusan, penyelesaian masalah pendidikan yang tidak tuntas, atau cenderung tambal sulam, bahkan lebih berorintasi proyek. Akibatnya, seringkali hasil pendidikan mengecewakan masyarakat. Mereka terus mempertanyakan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dalam dinamika kehidupan ekonomi, politik , sosial, dan budaya. Kualitas lulusan pendidikan kurang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan pembangunan, baik industri, perbankan, telekomunikasi, maupun pasar tenaga kerja sektor lainnya yang cenderung menggugat eksistensi sekolah. Bahkan SDM yang disiapkan melalui pendidikan sebagai generasi penerus belum sepenuhnya memuaskan bila dilihat dari segi akhlak, moral, dan jati diri bangsa dalam kemajemukan budaya bangsa. Maka untuk mencapai kebutuhan masyarakat diperlukan peningkatan Manajemen Pembelajaran sehingga mutu peserta didik, akan lebih. Fokus penelitian yaitu: 1). bagaimana perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN BONDOWOSO 1 Tahun Pelajaran 2016-2017? 2), bagaimana Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017? 3). bagaimana Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017?. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN Bondowowso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017. Metode menggunakan kualitatif, subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siwa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif naratif, Untuk keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Dari temuan dan analisa dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: pertama, perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017, untuk perencanaan manajemen pembelajaran seperti yang di terapkan sekarang, banyak dibantu oleh para stafstafnya. Seperti guru, TU yang terbagi dengan fungsi dan tugas-tugas tambahan yang telah ditentukan oleh kepala Madrasah.. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017. Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran yang ada di MTsN. Bondowoso 1. Kurikulum dalam merumuskan aktivitas belajar mengajar sekarang ini, mengungkapkan konsep tentang prinsip-prinsip untuk menyusun organisasi pembelajaran. Ketiga, evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017, evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Bondowoso 1 Tahun Pelajaran 2016-2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 03:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18402 |
Actions (login required)
View Item |