Pengaruh Kualitas Layanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Elektronik Maal (E-Maal) Di Toko Basmalah Se Kabupaten Bondowoso.

Muhammad, Nur (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Elektronik Maal (E-Maal) Di Toko Basmalah Se Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Muhammad_0839218024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna, Elektronik Maal (E-Maal), Toko Basmalah. Kualitas layanan yang baik akan menjadi faktor yang akan mendorong konsumen untuk menggunakan produk kartu E- Maal yang menjadi program Toko Basmalah. Kualitas layanan tersebut bisa tercipta dengan beberapa indikator. Dengan menambahkan indikator kepatuhan syariah (compliance) sehingga menjadi enam indikator. meminjam istilahnya Othman dan Owen (2001:9) keenam indikator ini disebut sebagai kualitas pelayanan Islami, yakni bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), peduli (empathy) dan kepatuhan syariah (compliance). Dengan kualitas layanan yang baik akan menciptakan pengguna puas sehingga tolak ukur dari sesuatu yang dirasakan dan diterima melalui berbagai layanan yang diberikan oleh penyedia layanan, yang sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh konsumen. Setia, menyampaikan hal positif dan merekomendasikan produk hal itu adalah bentuk loyalitas yang dilakukan konsumen/pengguna terhadap produk E- Maal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh Kualitas Layanan (X) terhadap Kepuasan Pengguna (Y1) dan Loyalitas Pengguna (Y2) Elektronik Maal (E-Maal) di Toko Basmalah secara simultan dan parsial. Metode yang di digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan explanatory research, dengan sampel sebanyak 108 responden. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan assidental sampling. Variabel bebasnya yaitu Kulaitas Layanan (X) dan variabel terikatnya Loyalitas (Y2) dan Kepuasan (Y1) sebagai variabel perantara. Pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan part analisis dengan uji F dan uji t. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the (SPSS) versi 24. Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.003. pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pengguna adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.001. pengaruh kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.047.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:45
Last Modified: 03 Feb 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item