Syamsiyah, Nur (2017) Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Syamsiah_084 134 060.pdf Download (2MB) |
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung sebagai lembaga pendidikan yang menerapkan Kurikulum 2013. Dalam proses pelaksanaan Kurikulum 2013 tentu terdapat sedikit perubahan terutama dalam pendekatan pembelajaran serta dalam penilaian hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung mencakup tiga ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Ketiga ranah tersebut memerlukan tahapan yang berbeda dalam melakukan penilaian. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan penilaian sikap hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) bagaimana proses pelaksanaan penilaian pengetahuan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, dan 3) Bagaimana proses pelaksanaan penilaian keterampilan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan penilaian sikap hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2)Mendeskripsikan proses pelaksanaan penilaian pengetahuan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan proses pelaksanaan penilaian keterampilan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI Negeri Tutul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles and Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian : 1) Proses pelaksanaan penilaian sikap dilakukan dengan pengamatan, menilai hasil pengamatan, menganalisis hasil penilaian, menindaklanjuti hasil penilaian, serta melaporkan hasil penilaian. 2) Proses pelaksanaan penilaian pengetahuan adalah melakukan penyebaran Kompetensi Dasar, menentukan Kriteria Ketuntasan Minimum, menyusun kisi-kisi penilaian, penyusunan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, analisis hasil belajar peserta didik, dan pelaporan penilaian hasil belajar peserta didik. 3) Proses pelaksanaan penilaian keterampilan adalah perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, analisis hasil penilaian peserta didik, dan pelaporan hasil penilaian peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 08:45 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 08:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18422 |
Actions (login required)
View Item |