Persepsi Mahasiswa IAIN dan Universitas Islam Jember Tehadap Terpaan Budaya gaya Berbusana di Acara Televisi “Assalamualaikum Cantik” Di Transtv

Arifah, Nurul Komaril (2015) Persepsi Mahasiswa IAIN dan Universitas Islam Jember Tehadap Terpaan Budaya gaya Berbusana di Acara Televisi “Assalamualaikum Cantik” Di Transtv. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Komaril Arifah_082 111 031.pdf

Download (888kB)

Abstract

Fenomena gaya berbusana di Indonesia tidak lepas dari peran penting media massa yang secara continue menghadirkan berbagai macam gaya berbusana dengan mengadopsi gaya busana kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing, salah satunya adalah acara televisi Assalamualaikum cantik di Transtv yang menampilkan tutorial berbusana muslimah atau berhijab. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Jember terhadap terpaan budaya gaya berbusana di acara televisi Assalamualaikum cantik serta bagaimana pola pikir mahasiswa terhadap citra gaya berbusana yang dimunculkan dalam acara televisi Assalamualaikum cantik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi mahasiswa Jember terhadap acara televisi Assalamualaikum cantik dalam hal gaya berbusana, dan untuk mengetahui bagaimana pola pikir mahasiswa Jember terhadap terpaan budaya gaya berbusana di acara televisi Assalamualaikum cantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) yang bersifat komprehensif, intens, rinci, dan mendalam serta lebih diarahkan sebagai upaya menelaah masalah-masalah atau fenomena yang bersifat kontemporer, kekinian, yang terjadi dikalangan mahasiswa Jember. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antar mahasiswa adapun faktor yang mendasari perbedaan persepsi disini adalah perhatian mahasiwa terhadap fenomena yang muncul sebagi akibat dari konstruksi media dan pemahaman mahasiswa mengenai bagaimana media mecitrakan gaya berbusana, lalu mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dan pemahaman tentang bagaimana seharusnya berbusana menurut syari’at islam atau pun norma yang telah di tetapkan di lingkungan sekitar. Adapun pola pikir mahasiswa terhadap citra gaya berbusana yang dimunculkan dalam acara televisi Assalamualaikum cantik berdasarkan pada tiga aspek pola pikir yaitu pola pikir sederhana mahasiswa cenderung lebih memilih gaya berbusana yang sederhana. Pola pikir cermat yaitu mahasiswa akan terlebih dahulu menimbang apakah busana yang ia gunakan masih pada aturan syari’at Islam. Selanjutnya adalah pola pikir modern yaitu mahasiswa yang cenderung hanya memikirkan gaya berbusananya agar tetap up to date.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:45
Last Modified: 03 Feb 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18429

Actions (login required)

View Item View Item