Metode Pembelajaran Kitab Tanqihul Qaul dalam Menanamkan Nilai-nilai keagamaan Di Pondok Pesantren Nurud Dhalam Bondowoso Tahun 2017/2018

Muslimah, Ratih Alimatul (2018) Metode Pembelajaran Kitab Tanqihul Qaul dalam Menanamkan Nilai-nilai keagamaan Di Pondok Pesantren Nurud Dhalam Bondowoso Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratih Alimatul Muslimah_084 141 008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses yang berfungsi untuk membimbing para santri di dalam kehidupan, yakni membimbing perkembangan diri sesuai dengan tugas-tugas perkembangan yang harus dijalankan oleh para santri. Karena Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk memengaruhi para santri sehingga mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Bahkan boleh dikatakan bahwa keberhasilan suatu proses belajar mengajar ini terletak ditangan guru. Tujuan materi Kitab Tanqihul Qaul yaitu untuk mencetak atau menciptakan santri yang bisa menanamkan nilai-nilai keagamaan seperti nilai moral, nilai sosial, dan nilai Akhlak dalam jiwanya sehingga ketika berada dimasyarakat mempunyai akhlak yang mulia. Metode yang dilakukan dalam menanamkan nilainilai keagamaan melalui empat metode yaitu metode bandongan, sorogan, ceramah dan tanya jawab. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : “(1) Bagaimana Perencanaan metode Pembelajaran Kitab Tanqihul Qaul dalam menanamkan Nilai-nilai keagamaan di Pondok Pesantren Nurud Dhalam Bondowoso tahun 2017/2018? (2)Bagaimana Pelaksanaan metode Pembelajaran Kitab Tanqihul Qaul dalam menanamkan Nilai-nilai keagamaan di Pondok Pesantren Nurud Dhalam Bondowoso tahun 2017/2018? (3) Bagaimana Evaluasi metode Pembelajaran Kitab Tanqihul Qaul dalam menanamkan Nilai-nilai keagamaan di Pondok Pesantren Nurud Dhalam Bondowoso tahun 2017/2018?” Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Hasil musyawarah dan koordinasi yang telah dilakukan ketika perencanaan ditetapkan bahwa pembelajaran kitab Tanqihul Qaul dilakukan secara berkesinambungan dan selalu melakukan rapat koordinasi sebelum pembelajaran dimulai agar tercapai kesepakatan bersama dalam menetapkan materi yang akan diajarkan, (2) Pelaksanaan dilakukan dengan mengunakan metode Bandongan, sorogan, ceramah dan tanya jawab. ustadz memberikan penjelasan bacaan teks kitab, kemudian menerjemahkan kata demi kata dan menerangkan sedetail mungkin apa saja maksud yang tertera didalam kitab sekaligus di ikuti dengan pemberian contoh kejadian yang biasa terjadi dilingkungan sekitar, (3) Evaluasi dilakukan dengan 2 tahap melalui pemberian soal-soal yang bisa dijawab secara spontan serta ujian tulis yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun yakni pada tengah tahun dan akhir tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:25
Last Modified: 06 Feb 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item