Maghfiroh, Wildatul (2018) Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Tsanawiyah As-Shiddiqy Panti Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wildatul Maghfiroh _084143072.pdf Download (17MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah As-Shiddiqy Panti Jember merupakan salah satu madrasah yang menerapkan program pendidikan berbasis kearifan lokal melalui kurikulum dan pembelajaran. Penerapan program pendidikan berbasis kearifan lokal ini merupakan salah satu fenomena yang unik ditengah-tengah kondisi berlangsungnya praktik pendidikan yang cenderung mengabaikan nilai-nilai kebudayaan para pendahulunya. Dalam hal ini terdapat tiga isu utama yang menjadi fokus penelitian, yakni (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis kearifan lokal di madrasah tersebut, (2) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis kearifan lokal di madrasah tersebut, dan (3) evaluasi kurikulum dan pembelajaran berbasis kearifan lokal di madrasah tersebut. Tiga fokus penelitiam tersebut sekaligus menjawab tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunkakn teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dilihat dati triangulasi sumber dan teknik. Berdasar hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal yang ditanamkan di MTs As-Shiddiqy Panti Jember berupa olah pangan, membatik, kerajinan tangan, pengelolaan lingkungan dan juga bahasa yang dilakukan dalam bentuk kurikulum formal dan juga kurikulum tidak formal yang berupa kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan. (1) Perencanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis kearifan lokal di Madrasah Tsanawiyah As-Shiddiqy Panti Jember yaitu meliputi perumusan tujuan kurikulum, perumusan isi kurikulum, merancang strategi pembelajaran dan merancang strategi penilaian. (2) Pelaksanaan dapat dilihat dari dua aspek yaitu pelakasanaan pada tingkat madrasah dan kelas. Dan (3) Evaluasi dilakukan dalam tiga aspek yaitu aspek input, aspek proses dan aspek hasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 08:27 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 08:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18492 |
Actions (login required)
View Item |