Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Ernawati, Siti (2015) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Ernawati_084 111 191.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang meniti beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (motorik kasar dan halus), kecerdasan dan sosio emosional. Fokus penelitan yang dilakukan oleh peneliti adalah (a) Bagaimana peran guru sebagai pendidik untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, (b) Bagainama peran guru sebagai pembimbing untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? (c) Bagainama peran guru sebagai teladan untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk AlMuttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian adalah (a) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015(b) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 dan (c) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai teladan untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an pada anak di Tk Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode menentukan informan menggunakan purposive sampling, sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,interview (wawancara), dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Dari data yang diperoleh dan dianalisis secara sederhana dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar baca tulis AlQur’an pada anak di TK Al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu (a) peran guru sebagai pendidik mereka telah melakukan hal yang tepat dalam proses pendidikan anak didiknya dengan mereka berperan sebagai inisiator, motivator dan fasilitator, (b) peran guru sebagai pembimbing yaitu para guru telah membantu anak yang mengalami kesulitan belajar serta guru mampu memberikan solusinya untuk digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii membantu anak yang mengalami kesulitan belajar, serta guru juga telah memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan telatennya. (c) peran guru sebagai teladan yaitu mereka telah menjadi panutan dan suri tauladan yang baik, baik untuk peserta didik dan masyarakat.dari segi mereka mendidik, membimbing dan teladan mereka sudah tepat namun untuk meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an dari pihak sekolah harus memberikan tambahan waktu agar hasil yang dicapai dapat lebih memuaskan baik bagi guru, orangtua dan lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:49
Last Modified: 09 Feb 2023 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item