Isnaini, Kiki Nur (2018) Penerapan Metode Wafa dalam Belajar Membaca AlQur’an Di SDIT Harapan Umat Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Kiki Nur Isnaini_084141114.pdf Download (5MB) |
Abstract
Membaca al-Qur’an merupakan suatu hal yang penting bagi setiap muslim. Mempelajari dan membaca al-Qur’anmenjadi suatu hal yang sangat dianjurkan. Sudah banyak diterapkan metode belajar membaca al-Qur’an yang bertujuan untuk mempermudah dalam mempelajarinya, salah satunya adalah metode Wafa yang telah diterapkan di SDIT Harapan Umat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan metode wafa dalam belajar membaca al-Qur’andi SDIT Harapan Umat Jember tahun 2018? 2) Bagaimana pelaksanaan metode wafa dalam belajar membaca al-Qur’an di SDIT Harapan Umat Jember tahun 2018? 3) Bagaimana evaluasi metode wafa dalam belajar membaca al-Qur’an di SDIT Harapan Umat Jember tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan metode wafa di SDIT Harapan Umat, pelaksanaan metode wafa di SDIT Harapan Umat, dan evaluasi metode wafa di SDIT Harapan Umat Jember Tahun 2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles dan Huberman, menganalisis proses penerapan metode wafa dan metode tajdied dalam belajar membaca al-Qur’an di SDIT Harapan Umat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan metode wafa dalam belajar membaca alQur’an di SDIT Harapan Umat silabus dan RPP ada dalam metode wafa namun di SDIT Harapan Umat tidak menjadi acuan namun tetap mengikuti pedoman yang ada seperti tujuan, materi, media, metode dan alokasi waktu pembelajaran sudah terlaksana; 2) pelaksanaan metode wafa dalam belajar membaca al-Qur’an di SDIT Harapan Umat menggunakan Quantum Teaching dengan metode 5P (Pembukaan, pengalaman, pengajaran, penilaian, penutup); 3) evaluasi metode wafa dalam belajar membaca al-Qur’an di SDIT Harapan Umat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu penilaian harian, kenaikan buku, dan akhir (munaqosyah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:50 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18559 |
Actions (login required)
View Item |