Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember

Amah, Lintang Imas (2019) Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lintang Imas Amah_T20151029.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan implementasi kegiatan Ujian Akhir Semester Ganjil/Genap kepada peserta didik yang menempuh pendidikan di SMK Negeri 5 Jember, yang bertujuan untuk menerapkan inovasi yang lebih baru pada penilaian hasil belajar. Oleh karena itu, penerapan inovasi yang lebih baru pada penilaian hasil belajar dapat dilakukan oleh setiap guru yang mengajar di dalam kelas dengan tujuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah melalui pelatihan dan pendidikan. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember? 3) Bagaimana evaluasi penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember? Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan perencanaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian field research (penelitian lapangan). Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulaan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Perencanaaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember adalah dengan menyiapkan data base, bank soal, laptop, Wifi Rooter, dan perangkat lain yang diperlukan. 2) Pelaksanaan penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember yaitu: pelaksanaan dilakukan di dalam kelas oleh guru dengan durasi waktu 90 menit pada 1 kali sesi. Jenis penilaian yang dilakukan yaitu menggunakan penilaian sumatif dan teknik penilaian yang dilakukan yaitu penilaian tes/soal pilihan ganda. 3) Evaluasi penilaian hasil belajar berbasis Android pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Negeri 5 Jember yaitu; dengan adanya evaluasi tujuannya untuk mengukur keberhasilan sistem penilaian hasi belajar berbasis Android yang digunakan dan untuk mengetahui adanya kendala/hambatan yang terjadi selama pelaksanaan yang dilakukan sebelumnya dalam rangka melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:50
Last Modified: 09 Feb 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18560

Actions (login required)

View Item View Item