Membangun Ketahanan Keluarga dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Amalia, Luluk (2018) Membangun Ketahanan Keluarga dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Amalia_083 141 006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari banyaknya keluarga masyarakat di Desa Tamansari mengalami banyak kegagalan dalam hal membina keluarga, dalam hal ini di karnakan kerentangan-kerentangan dalam suatu hubungan yang tidak bisa diselesaikan dengan baik. Sehingga mengakhiri hubungan keluarga dijadikan jalan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Rumusan masalah dalam skripsi ini 1).Bagaimana prinsip-prinsip untuk membangun ketahanan dalam keluarga sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Drigu Kabupaten Probolinggo? 2). Bagaimana kepemimpinan dalam membentuk ketahanan keluarga sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Drigu Kabupaten Probolinggo? 3). Apa saja faktor-faktor kerapuhan dalam ketahanan keluarga sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Drigu Kabupaten Probolinggo? 4). Bagaimana solusi membangun ketahanan dalam keluarga sakinah di Desa Tamansari Kecamatan Drigu Kabupaten Probolinggo? Tujuan penelitian dalam sekripsi adalah 1). Memberikan gambaran dan penjelasan mengenai prinsip-prinsip untuk membangun ketahanan dalam keluarga sakinah. 2). Memberikan gambaran dan penjelasan dalam membentuk kepemimpinan dalam keluarga sakinah. 3). Memberikan gambaran dan penjelasan tentang faktor-faktor kerapuhan dalam ketahanan keluarga sakinah. 4). Memberikan gambaran dan penjelasan dalam solusi membangun ketahanan dalam keluarga sakinah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenisnya deskriptif. Deskriptif kualitatif adalah penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan kondisi hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat yang sedang terjadi atau kecendrungan yang sedang berkembang. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini prinsip-prinsip untuk membangun ketahanan keluarga yaitu dengan beberapa prinsip yaitu saling menjaga kepercayaan satu sama lain, meluangkan waktu untuk bersama keluarga, menjaga rasa cinta kasih dalam keluarga, saling keterbukaan, saling melindungi. Kepemimpinan dalam keluarga tidak lah diukur dari seberapa besar harta yang dihasilkan akan tetapi ikatan keluarga ialah ikatan tanggung jawab yang tidak dapat diukur dengan keuntungan atau kerugian materi yaitu dengan mengharapkan ridho Allah dan dengan adanya sikap tolong menolong entah itu di lingkungan sosial dan persaudaraan. Penyebab kerapuhan dalam membina keluarga yang terjadi di Desa Tamansari, yaitu faktor ekonomi, faktor peselingkuhan, faktor keturunan, dan perjodohan. solusi membangun ketahanan dalam keluarga menerapkan ajaran-ajaran islam dalam kehidupan keluarga atau juga hidup kesehari-hari dan melalui proses sosialisasi pola Interaksi yang tepat serta proses kualitas komunikasi efektif antar anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1202 Building > 120299 Building not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:50
Last Modified: 09 Feb 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18562

Actions (login required)

View Item View Item