Pendidikan Sufistik dalam Kitab Fathur Rabbani Karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani.

Sholikhah, Noviatus (2021) Pendidikan Sufistik dalam Kitab Fathur Rabbani Karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Noviatus Sholihah_T20151338.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Sufistik, Kitab Fathur Rabbani, Syaikh Abdul Qadir al– Jailani Fathur Rabbani, sebuah karya agung tentang kajian sufistik pemikiran Syaikh Abdul Qadir al–Jailani. Beliau tokoh sufi besar di Indonesia–khususnya di kawasan anak benua India. Keterlibatan Syaikh dalam pendidikan sufistik melahirkan ide dan pemikiran tentang tasawuf yang sangat berpengaruh bagi perkembangan sufistik dan pendidikan Islam. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana pendidikan sufistik pada aspek takhalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani? 2) Bagaimana pendidikan sufistik pada aspek tahalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani? 3) Bagaimana pendidikan sufistik pada aspek tajalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Mendeskripsikan pendidikan sufistik pada aspek takhalli dalam kitab Fathur Rabbani Karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani. 2) Mendeskripsikan pendidikan sufistik pada aspek tahalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani. 3) Mendeskripsikan pendidikan sufistik pada aspek tajalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian studi kepustakaan. Sementara itu, metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis). dan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber literatur. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Pendidikan sufistik pada aspek takhalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani terdiri dari delapan komponen: syirik lahir dan syirik batin; cinta dunia; sombong; ujub; munafik; dusta; bakhil; zalim. Sifat–sifat tersebut dalam sudut pandang pendidikan sufistik merupakan akhlak tercela sehingga perlu dihindari dalam diri seorang peserta didik, 2. Pendidikan sufistik pada aspek tahalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani terdiri dari tiga belas macam: taubat; wara´; qana´ah; rida; zuhud; tawakal; ikhlas; sabar; syukur; jujur; takwa; uzlah; khalwat. Sifat–sifat tersebut merupakan sikap dan kepribadian akhlak mulia yang perlu dimiliki oleh peserta didik, 3. Pendidikan sufistik pada aspek tajalli dalam kitab Fathur Rabbani karya Syaikh Abdul Qadir al–Jailani memuat empat maqam: makrifat; ´arif billah; wali qut}b; sufi. Empat maqam tersebut merupakan karakter seorang ahli ilmu yang patut diteladani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item