Maisaroh, Sitti (2017) Implementasi Supervisi Klinis Di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sitti Maisaroh_ 084 133 089.pdf Download (5MB) |
Abstract
Supervisi klinis merupakan cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa fakta menunjukkan bahwa supervisi klinis memberikan dampak positif bagi kegiatan guru dalam pembelajaran. Supervisi klinis juga dapat dikatakan sebagai supervisi yang difokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan, pengamatan, dan analisis yang intensif terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana dampak pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi sumber dan metode. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum dilakukan langsung oleh kepala sekolah. Sebelum melakukan supervisi kepala sekolah terlebih dahulu menentukan waktu dilaksanakannya supervisi.2). Dampak dari dilaksanakannya supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum guru menjadi lebih professiona. 3). Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi klinis di SMA Islam Mambaul Ulum diadakannya pendidikan dan pelatihan untuk guru, adanya dukungan yang tinggi dari pihak pengelola sekolah. Untuk faktor penghambatnya yaitu masalah pembiayaan dan membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaan supervisi klinis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:53 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18590 |
Actions (login required)
View Item |