Rosida, Rosida (2022) Strategi guru mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif 01 KH Shiddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq JEMBER.
Text
ROSIDA-T20184072.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rosida, 2022: Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIMA 01 KH Shiddiq Jember.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di MIMA 01 KH Shiddiq jember telah ditemukan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh beberapa peserta didik utamanya pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih dapat dikatakan kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa peserta didik yang kurang fokus dan kurang memperhatikan penjelasan guru, asik bergurau dengan teman, bahkan terdapat beberapa peserta didik yang memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan teman yang lainnya dalam memahami materi pembelajaran.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik dan solusinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V-C MIMA 01 KH Shiddiq Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimanakah
strategi atau usaha yang dilakukan oleh guru mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V-C MIMA 01 KH ShiddiqJember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan strategi oleh guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V-C MIMA 01 KH Shiddiq Jember tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar peserta didik, strategi atau upaya yang dilakukan dalam pembelajaran, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V-C MIMA 01 KH Shiddiq Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Bentuk kesulitan yang dialami peserta didik yaitu sulit dalam menemukan dan memahami pokok pikiran atau ide pokok bacaan, yang mana hal ini berkaitan erat dengan perlu ditingkatkannya keterampilan membaca. Adapun solusinya untuk mengatasi problematika yang
dihadapi peserta didik ialah dengan diterapkan strategi pembelajaran bervariasi. 2) Strategi yang diterapkan diantaranya dengan model pembelajaran kooperatif tipe
CIRC, pendekatan kontekstual, strategi lihat katakan, metode tanya jawab dan dipadukan dengan media mind map yang mana dalam menerapannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi dilihat dari faktor peserta didik, orang tua, dan guru. Faktor yang menghambat penerapan strategi yaitu (1)kurangnya persiapan guru dan peserta didik, (2) minimnya waktu, (3) sikap ego atau tidak mau bekerja sama dalam kelompok, (4) sikap pasif peserta didik, (5) keadaan lingkungan di sekitar
peserta didik, baik itu keluarga, teman, ataupun masyarakat sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms Rosida Ros |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 03:04 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 03:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18598 |
Actions (login required)
View Item |