Rahmatilah, Ayu (2017) Penerapan Program Full Day School Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AYU RAHMATILLAH_084134016.pdf Download (5MB) |
Abstract
SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember merupakan lembaga yang menerapkan program Full day School dengan lingkungan sekolah bernuansa Islami. Dalam pelaksanaannya selain menjadikan peserta didik memiliki prestasi optimal juga mengutamakan akhlakul karimah. Melalui kegiatan keagamaan seperti salam sapa secara Islami, sholat sunnah dhuha berjamaah, sholat dhuhur dan ashar berjamaah, berdzikir bersama setelah sholat, membaca Al-Qur’an, dan memulai dan mengakhiri proses pembelajaran dengan berdoa yang di dalamnya terdapat nilai-nilai tauhid yang bertujuan menjadikan peserta didik senantiasa melaksanakan ibadah untuk memperkuat keimanan kepada Allah dan menjadikan peserta didik memiliki akhlak yang sesuai dengan norma-norma agama Islam sehingga menjadikan peserta didik cerdas secara spiritual. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkahlangkah dan yang bersifat fitrah serta berprinsip hanya kepada Allah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akidah siswa di SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akhlak siswa di SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akidah siswa di SD AlBaitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akhlak siswa di SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tiga pola sebagaimana yang dikemukakan oleh Sugiono, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akidah siswa di SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui kegiatan keagamaan yang ada di sekolah seperti kegiatan salam sapa secara Islami, kegiatan ibadah mengerjakan sholat dhuha berjama’ah, sholat dhuhur dan ashar berjama’ah, dan membaca Al-Qur’an dengan menanamkan nilai-nilai tauhid kepada peserta didik yang bertujuan menjadikan peserta didik senantiasa beriman kepada Allah SWT. 2) Pelaksanaan program Full Day School dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terkait akhlak siswa di SD Al-Baitul Amien (Full Day School) Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui pembiasaan yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik untuk senantiasa berperilaku sopan sesuai dengan norma-norma agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18599 |
Actions (login required)
View Item |