Pemikiran Gus Dur Tentang Pluralisme Agama dan Pengaruhnya Terhadap Supremasi Hukum Di Indonesia

Hasyim, Yanto (2016) Pemikiran Gus Dur Tentang Pluralisme Agama dan Pengaruhnya Terhadap Supremasi Hukum Di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YANTO HASYIM_083 121 063.pdf

Download (3MB)

Abstract

K.H. Addurrahman Wahid, yang akrab dengan panggilan Gus Dur, adalah seorang pemikir dan penjuang demokrasi, pluralisme, tokoh anti kekerasan dan juga termasuk orang yang suka menulong orang yang termarjinalkan sekaligus pelindung kaum minoritas agama, gender, keyakinan, etnis dan bahkan kalangan sendiri. Dari perjuangan itu satu hal yang menarik adalah bagaimana nasib demukrasi, pluralisme dan bangsa itu sendiri ketika kekuasaan berada di tangannya. Mengapa pemikiran K. H. Addurrahman Wahid perlu diangkat dalam skripsi ini mengenai sikap dan pemikirannya, Pemikiran Gus Dur tentang pluralisme agama dan pengaruhnya terhadap supremasi hukum di Indonesia, kerena memberikan pengaruh beser terhadap hukum positif di indonesia sehingga dangan hal ini saya selaku peneliti sangat penting sekali mengkaji lebih dalam lagi tentang pemikiran K.H. Addurrahman Wahid, terutama dalam hal sebagai berikut: Pertama, Gerakan perjuangan K.H. Addurrahman Wahid yang selalu menimbulkan controversial dalam kalangan masyrakat dan selalu berbeda denga pemikiran politisi lain pada umumnya baik kawan maupun lawan; Kedua, gaya politik yang unik yang tidak mengenal komromi dan multitafsir sehingga sulit untuk difahami; Ketiga, isu ketokohan K.H. Addurrahman Wahid yang muncul menciptakan perdabatan yang sangat serius di Republik Indonesia ini setelah K.H. Addurrahman Wahid meninggal dunia;. Dalam skripsi ini peneliti mengunakan tiga rumusan masalah yang menerut peneliti tiga hal ini merupakan pembahasan utama dalam skripsi ini Pertama, Wujud pemikiran Gus Dur Tentang Pluralism Agama, peneliti dalam hal ini sebagai langkah awal untuk memastikan apakah pemikiran Gus Dur benar benar ada dalam pluralism agama. Kedua, Pengaruh pemikiran Gus Dur tentang pluralisme agama terhadap supremasi hukum di Indonesia dalam poin ini peneliti bisa memaparkan secara jelas jika wujud pemikirang Gus Dur itu ada Ketiga, Latar belakang pemikiran Gus Dur tentang pluralism Agama dalam poin ini peneliti akan mentelusuri lebih dalam apa yang mempungaruhi atau yang melatarbelakangi pemikirang Gus Dur dal hal pluralisme Agama. Dalam skripsi ini peneliti bertujuan untuk mengatahui sejauh mana pemikiran Gus Dur tentang pluralisme Agama dan pengaruhnya terhadap supremasi hukum di Indonesia karena disadari atau tidak disadari sosok seorang Gus Dur adalah seorang ilmuan, tokoh Agama dan pernah menjadi orang pertama di Indonesia yaitu Presiden Di Indonesia. Adapun dalam skripsi peneliti mengunakan metode library research atau penelitian pustaka yaitu mengumpulkan data dangan cara mengumpulkan data dengan buku, majalah, paper dan yang sejenisnya ini menjadi bahan diteliti untuk mencapai tujuan dari skripsi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:15
Last Modified: 10 Feb 2023 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item