Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Peserta Didik Dari Keluarga Miskin Di Kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Azis, Zainul (2016) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Peserta Didik Dari Keluarga Miskin Di Kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAINUL AZIS_084 121 158.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena peserta didik dalam keadaan atau kondisi miskin sangat sulit sekali dalam menempuh belajar dengan semaksimal mungkin. Dikarenakan terlalu banyak faktor – faktor yang mempengaruhi belajarnya. Dalam hal ini bagaimana pendidik, upaya – upaya dalam belajar peserta didiknya meningkat dan berkembang sehingga baik peserta didik yang berasal dari keluarga miskin dapat seimbang dengan keluarga yang mampu dari segi mentalnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan hasil belajar bagi peserta didik dari keluarga miskin melalui pelajaran tambahan di kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan hasil belajar bagi peserta didik dari keluarga miskin melalui pembentukan kelompok belajar di kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendriskipsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan hasil belajar bagi peserta didik dari keluarga miskin melalui pelajaran tambahan di kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan hasil belajar bagi peserta didik dari keluarga miskin melalui pembentukan kelompok belajar di kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini, 1) Pelajaran tambahan dilakukan atas kebijakan guru sendiri, materi pelajaran tambahan pada kelas V yang menjadi bahan UAS di SDN Slawu 01 ialah pendidikan kewarganegaraan, bahasa indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial. Adanya pelajaran tambahan ini, dilakukan pada hari Kamis pada pukul 13.00 WIB dan hari Sabtu pada pukul 12.00 WIB. Pelajaran tambahan ini, dilakukan dengan melihat kebutuhan peserta didik agar dapat semakin meningkat dalam hasil belajarnya. KKM dari mata pelajaran yang di UASkan ialah pendidikan kewarganegaraan : 65, bahasa indonesia : 65, matematika : 60, ilmu pengetahuan alam : 65, dan ilmu pengetahuan sosial : 65, pendidikan agama islam: 65. Dengan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar bagi keluarga miskin melalui pelajaran tambahan ini, para guru memberikan dengan biaya gratis karena berkaitan dengan keluarga miskin 2) Dalam pembentukan kelompok belajar, peserta didik yang cerdas atau lebih pintar di pisahkan lalu di kelompokkan ke peserta didik yang dalam menguasai materi pelajaran masih kurang maksimal. Adanya pengacakan peserta didik yang di lakukan guru dalam pembentukan kelompok belajar itu tidak .lain agar peserta didik yang dalam prestasinya unggul mampu mengajari peserta didik yang lemah dalam mata pelajarannya. Pemberian pembentukan kelompok belajar ini dengan berupa memberikan PR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:15
Last Modified: 10 Feb 2023 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item View Item