Pergeseran Kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam Menanamkan Nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Cabang Kencong.

Rohmah, Khafidhotur (2015) Pergeseran Kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam Menanamkan Nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Cabang Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khafidhotur Rohmah_084 111 230.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama merupakan organisasi Islam yang bidang garapnya meliputi pelajar, santri dan mahasiswa. IPNU-IPPNU merupakan bagian dari NU yang bertanggung jawab terhadap tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunnah wal jamaah. Dalam perjalanannya menanamkan nilai Islam ahlussunnah wal jamaah, IPNU-IPPNU Cabang Kencong mengalami pemerosotan kegiatan keIslamannya. Dengan sedikitnya kegiatan rutinan/mingguan misalnya tahlilan, pengajian rutin, diskusi agama, maupun kajian kitab-kitab Berangkat dari fenomena diatas yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pergeseran kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam menanamkan nilai Islam ahlussunnah wal jamaah di Cabang Kencong?. 2) apa yang menyebabkan pergeseran kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam menanamkan nilai Islam ahlussunnah wal jamaah di Cabang Kencong?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pergeseran kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam menanamkan nilai Islam ahlussunnah wal jamaah di Cabang Kencong, 2)mendeskripsikan sebab-sebab pergeseran kaderisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam menanamkan nilai Islam ahlussunnah wal jamaah di Cabang Kencong. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research, Peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, interview dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan dilanjut dengan kesimpulan. Validitas data yang digunakan Triangulasi sumber, triangulasi metode dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian dilapangan, memperoleh kesimpulan: 1) IPNUIPPNU Cabang kencong mengalami pergeseran dalam penananman nilai Islam ahlussunnah wal jamaah. Perubahan tersebut terlihat dari pengkaderannya baik secara formal maupun nonformal yang semakin sedikit kegiatannya. Yang mana IPNU-IPPNU dulu dalam menyiarkan ajaran ahlussunnah wal jamaah melalui MAKESTA, LAKMUD, kajian aswaja, kajian kitab, pengajian, tahlilan, dan lainlain. Sedangkan sekarang dalam penanaman Islam ahlussunnah wal jamaah masih dilakukan dengan MAKESTA saja. Untuk agenda LAKMUD dan kegiatan lain belum tampak terealisasi. 2). Pergeseran tersebut dipengaruhi oleh faktor internal yang disebabkan dari pengurus sendiri. Sedang faktor eksternalnya dipengaruhi dari sekolah atau lembaga pesantren, Pembina, alumni dan banom NU, serta kurangnya pemahaman dan motivasi dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:41
Last Modified: 10 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item