Persepsi Siswa Terhadap Pemakaian Jilbab Sebagai Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hasanah, Kholifatun (2015) Persepsi Siswa Terhadap Pemakaian Jilbab Sebagai Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo kelas XI Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOLIFATUN HASANAH_084 101 197.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemakaian jilbab adalah penutupan aurat yang secara sempurna, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Islam. Namun berdasarkan realita yang ada, semakin berkembangknya penggunaan jilbab dengan model-model atau trend yang mengikuti zaman menyebabkan pemakaian jilbab bukan atas sebagai kewajiban seorang muslim melainkan merupakan trend masa kini dengan penggunaan yang modis. Maka demikian pemakaian jilbab bukan berarti mengikuti trend namun harus memahami maknanya agar dapat menanamkan nilai-nilai agama yaitu ajaran Islam yang diantaranya tentang akidah , syari’at dan akhlak. Akhirnya peneliti mengangkat judul tentang bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo Kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Sehingga dari masalah diatas penenelitian merumuskan: a) bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai akidah di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Siubondo kelas XI tahun pelajaran 2014/2015? b) bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai syari’at di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Siubondo kelas XI tahun pelajaran 2014/2015? c) bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai akhlak di SMK Negeri 1 Suboh Kabupaten Siubondo kelas XI tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai akidah di SMK Negeri 1 Suboh kabupaten Situbondo Kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Bagaimana persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai syari’at di SMK Negeri 1 Suboh kabupaten Situbondo Kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Dan bagaimana digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x persepsi siswa terhadap pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai akhlak di SMK Negeri 1 Suboh kabupaten Situbondo Kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Kemudian metodelogi yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif desskriptif. Penetuan informannya menggunakan tehnik purposive sampling dan objek yang dituju yaitu kepala sekolah, guru agama, wali kelas, guru BK dan Peserta didik atau siswa. Sedangkan tehnik penggumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisa datanya menggunakan analisa deskiptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pemakaian jilbab sebagai implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam kabupaten Situbondo kelas XI tahun pelajaran 2014/2015, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemakaian jilbab bagi siswa sangat berdampak positif. Salah satunya yang telah dibuktikan bahwasanya memakai jilbab atas dasar kesadaran diri dan telah mampu menanamkan nilai-nilai agama islam. Diantaranya adalah nilai-nilai akidah yaitu bahwa atas dasar keyakinan kepada Allah SWT dan utusan-Nya, nilai –nilai syariat yaitu dengan lebih meningkat ibadah wajib ataupun sunnah yang juga didukung dengan kegiatan rutinitas sekolah dan nilai-nilai akhlak yaitu dengan berperilaku baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:41
Last Modified: 10 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item