Ilyassiqin, M. Fajar Rochmad (2015) Implikasi hafalan surah-surah al-Qur’an terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP-IT al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Fajar Rochmad Ilyassiqin_084111056.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menghafal al-Qur’an merupakan bentuk penjagaan, saat ini sudah banyak diterapkan terutama lembaga pendidikan Islam formal dan non formal yang menerapkan hafalan al-Qur’an yang diyakini mendongkrak kemampuan seorang peserta didik. Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu proses belajar berdasar pada waku tertentu. Dalam sekolah prestasi belajar merupakan sesuatu yang dinantikan sebagai bukti keberhasilan siswa dalam proses belajarnya, disisi lain prestasi belajar juga merupakan tolak ukur tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari peserta didik adalah Pendidikan Agama Islam. Bertolak dari latar belakang di atas dapat dirumuskan fokus masalah dalam penelitian ini.1. bagaimana implikasi hafalan surah-surah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek kognitif siswa di SMPIT al-Ghazali?.2. bagaimana implikasi hafalan surah-surah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek afektif siswa di SMPIT alGhazali?.3. bagaimana implikasi hafalan surah-surah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek psikomotorik siswa di SMPIT alGhazali?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan implikasi hafalan surah-surah Al-Qur’an terhadap pretasi belajar Pendidikan Agama Islam secara kognitif siswa di SMP-IT al-Ghazali. 2. Untuk mendeskripsikan implikasi hafalan surah-surah Al-Qur’an terhadap pretasi belajar Pendidikan Agama Islam secara afektif siswa di SMP-IT al-Ghazali. 3. Untuk mendeskripsikan implikasi hafalan surah-surah Al-Qur’an terhadap pretasi belajar Pendidikan Agama Islam secara psikomotorik siswa di SMP-IT al-Ghazali. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field reseach. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan interview, dokumentasi dan test. Tekhnik analisa data menggunakan model interaktif Milles and Hubberman dan validas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah:1. Implikasi hafalan surahsurah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek kognitif sangat baik, karena dengan adanya hafalan surah-surah al-Quran dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa seperti pengetahuan hafalan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. 2. Implikasi hafalan surahsurah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek afektif sangat baik dalam penerimaan terhadap fenomena, tanggapan terhadap fenomena, penilaian, organisasi serta internalisasi nilai. 3. Implikasi hafalan surah-surah al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam aspek psikomotorik juga baik dalam imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi masih sangat kurang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 08:06 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 08:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18680 |
Actions (login required)
View Item |