Peran Kyai Hasan Dalam Melestarikan Tradisi Keagamaan NU Di Tengah Masyarakat Syi’ah Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso.

Lutfiah, Riska Dina (2019) Peran Kyai Hasan Dalam Melestarikan Tradisi Keagamaan NU Di Tengah Masyarakat Syi’ah Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKA DINA LUTFIAH_D20154007.pdf

Download (8MB)

Abstract

Syi’ah merupakan aliran atau paham yang ada dalam Islam namun memiliki syariat dan aqidah yang berbeda dari paham Sunni. Aliran ini berkeyakinan bahwa keturunan Nabi yang paling berhak menjadi pemimpin dan Imam pertamanya adalah Ali bin Abi Thalib dan tidak berpihak kepada para sahabat Nabi, sehingga aliran Sunni dan Syi’ah sangat bertolak belakang. Syi’ah terkenal dengan aliran atau paham yang radikal dan ekstrim, dapat dilihat dari ajaran yang diamalkannya serta aqidah yang berbeda dalam syariat Islam. Sehingga mewujudkan konsep syariat dalam kehidupan sehari-hari dengan berorientasi pada penegakan dan pengamalan ajaran yang mengarah pada perbuatan musyrik. Peran Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU ditengah masyarakat Syi’ah tersebut. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana bentuk aktivitas Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di tengah masyarakat syi’ah Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso 2) Bagaimana tantangan dari aktivitas Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di masyarakat syi’ah Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk aktivitas yang dilakukan Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di tengah masyarakat syi’ah. Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan tantangan apa saja yang dihadapi Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di tengah masyarakat syi’ah Desa Jambesari Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informasinya menggunakan teknik purposivesampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dariKyai Hasan, pengurus, pejuang NU, masyarakat. Analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini: 1) aktivitas Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di tengah masyarakat syi’ah dengan melakukan beberapa kegiatan yaitu: mengadakan kegiatan keagamaan sosial berupa pengajian Al-Fatah dan AlMadinah, serta pengamalan ajaran Ahlussunnah Waljamaah sebagai kegiatan rutin pondok pesantren seperti: tahlilan, yasinan, wiritan, tawasul, ziarah kubur dll. 2) tantangan dari aktvitas Kyai Hasan dalam melestarikan tradisi keagamaan NU di tengah masyarakat syi’ah yaitu: penolakan dari kaum syi’ah, taqiyah dan perpecahan aqidah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item