Pemanfaatan Tanah Milik Negara Dalam Perspektif Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jember Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima Dan Fiqh Muamalah (Studi kasus di Desa Kertongoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jemebr).

Kurniawan, Ahmad (2018) Pemanfaatan Tanah Milik Negara Dalam Perspektif Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jember Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima Dan Fiqh Muamalah (Studi kasus di Desa Kertongoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jemebr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD KURNIAWAN_ 083 142 091.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada era sekarang banyak orang mulai berlomba-lomba untuk mendapatkan hak atas pemanfaatan tanah di wilayah negaranya baik untuk meningkatkan taraf hidup, mencari keuntungan pribadi ataupun untuk hal-hal lain. Oleh karena itu setiap orang dapat memanfatkan tanah milik negara dengan cara izin melalui pihak yang berwenang dan mentaati peraturan yang berlaku. Namun, masih ada beberapa warga di Desa Kertoneogoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember yang memanfaatkan tanah milik negara belum diketahui sesuai apa tidak menurut peraturan yang berlaku dan menurut Fiqh Muamalah. Oleh karena itu, masalah ini menarik diteliti. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana proses perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dalam perspektif Peraturan Daerah (perda) Kabupaten Jember Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima? 3) Bagaimana proses perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dalam perspektif Fiqh Muamalah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan proses perizinan praktik pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah kabupaten Jember dalam perspektif Peraturan Daerah (perda) Kabupaten Jember Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pedagang Kaki Lima. 3) Untuk mendeskripsikan proses perizinan praktik pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dalam perspektif Fiqh Muamalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini: 1) Perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, digunakan untuk berdagang dipinggir jalan raya oleh pedagang kaki lima (PKL) dengan mendirikan bangunan yang permanen. 2) Perizinan pemanfaatan tanah milik negara yang dilakukan oleh pedagang kaki lima tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak ada yang mempunyai surat izin kontrak (SIK) dari Desa Kertonegoro. 3) Perizinan pemanfaatan tanah milik negara di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember tidak sesuai dengan Fiqh Muamalah, pemanfaatan tanah milik negara tersebut tidak terpenuhi rukun dan syaratnya sehingga dinyatakan batal (fasid).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012713 al-Muzara’ah, al-Mukhabarah, al-Musaqah, al-Mugharasah (Pemanfaatan Lahan Pertanian)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:44
Last Modified: 14 Feb 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item