Implementasi metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018.

Azizah, Fatiya Nur (2018) Implementasi metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FATIYA NUR AZIZAH_084 141 440.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Metode an-Nahdliyah Seiring dengan kemajuan zaman, kemajuan di bidang ilmu maupun teknologi semakin berkembang, hal ini berarti mengandung hal-hal yang positif ketika dimanfaatkan untuk tujuan yang baik. Sebaliknya, kemajuan zaman dapat berakibat negatif ketika hanyut dalam hal-hal yang negatif, seperti yang terjadi saat ini masih banyak siswa siswi dalam lembaga pendidikan yang belum bisa membaca al-Quran. Sehingga lembaga pendidikan non formal berperan sangat penting untuk belajar membaca al-Quran karena mengajarkan anak membaca alQuran merupakan pendidikan dasar dari agama Islam yang diperintahkan oleh Rasulullah saw bahkan dianjurkan untuk mengajarkannya jauh sebelum anak mengenal huruf latin, yaitu ketika anak sudah bisa berpikir. Dalam hal ini, TPQ Ushuluddin desa Jugo kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an kepada santri-santri sejak dini. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018? 3) Bagaimana Evaluasi metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018? Tujuan Penelitian ini diantaranya adalah 1) Mendiskripsikan Perencanaan metode an-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan metode an-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018. 3) Mendiskripsikan Evaluasi Perencanaan metode an-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin Desa Jugo Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Tahun 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatf deskriptif. jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan membaca dan menulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin, diantaranya sebagai berikut: a) merumuskan Tujuan, sesuai dengan materi yang akan diajarkan. b) merencanakan materi pelajaran, Materi anNahdliyah terdiri dari materi pokok yaitu jilid I-VI dan PSQ (Program Sorogan Al-Quran) dan materi tambahan terdiri dari Tauhid, Tajwid, Fasholatan, Pego, Imlak. c) menentukan alokasi waktu, waktu belajar mengajar sekitar 60 menit. d) menentukan metode pelajaran, metode pembelajaran dengan menggunakan klasikal dan individual. e) menentukan media pelajaran. menggunakan tongkat, alat peraga, papan tulis dan spidol. (2) Pelaksanaan Penerapan metode anNahdliyah untuk meningkatkan membaca dan menulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin, diantaranya terdapat a) Kegiatan Pembuka, b) Kegiatan Inti, c) Kegiatan penutup. (3) Evaluasi Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan membaca dan menulis al-Qur’an di TPQ Ushuluddin, terdapat Tiga macam evaluasi yaitu a) evaluasi Harian (Formatif) yang dilaksanakan setiap hari setelah santri mengaji, b) Evaluasi Akhir Jilid (Sumatif) dilaksanakan ada saat santri akan naik ke Juz selanjutnya, c) Evaluasi EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) dilaksanakan saat santri sudah khatam jilid 1-6 dan akan naik ke juz alQu’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:25
Last Modified: 15 Feb 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item View Item