Sandi, Imron Dwi Ari (2015) Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Lingkungan Hidup Di MI Terpadu Ar Rohman Kecamatan Sukorambi Kabupaten JemberTahunPelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
IMRON DWI ARI SANDI_084 091 094.pdf Download (1MB) |
Abstract
Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Untuk menjadikan sekolah yang Peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan untuk melanjutkan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan tersebut di tindak lanjuti dengan mengintegrasikan kurikulum yang ada dengan program adiwiyata tersebut, seperti RPP PAI yang di modifikasi oleh guru untuk menunjang keberhasilan program adiwiyata tersebut. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Merencanakan KBM sesuai PLH di MI Terpadu Ar-Rohman Sukorambi tahun ajaran 2014/2015? Bagaimana melaksanakan KBM di MI Terpadu Ar-Rohman Sukorambi tahun ajaran 2014/2015? Bagaimana Mengevaluasi KBM di MI Terpadu Ar-Rohman Sukorambi tahun ajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Berbasis Lingkungan Hidup (PLH) Di Mi Terpadu Ar-Rohman Sukorambi Tahun Ajaran 2014/2015.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan di analisis dengan analisis data kualitatif deskriptif, kemudian di uji dengan validitas data triangulasi. Adapun kesimpulan penelitian ini secara umum yaitu guru agama berkontribusi dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam mengintegrasikan pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan berbasis lingkungan hidup. Sementara secara khusus yaitu dibagi menjadi tiga: pertama berkontribusi dalam perencanaan, guru PAI harus paham dengan PLH perencanaan di madrasah ini sedikit berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya. mata pelajaran PAI adalah kunci kesuksesan utama dalam pelaksanaan dua system yang berbeda, seperti dasar dasar Agama dipadu dengan nilai nilai cinta lingkungan hingga terbentuk pondasi Agama yang kuat dengan pribadi yang cinta terhadap lingkungan keluarlah output yang sosial yang peduli pada ekosistem. Kedua berkontribusi dalam pelaksanaan, bahwasannya pelaksanaanya sudah sesuai dengan RPP meskipun terkadang dalam pelaksanaanya tidak sesuai namun itu semua karna keadaan yang tidak memungkinkan atau faktor x yang muncul. Keberhasilan pelaksanaan itu tergantung kekreatifan guru dan penunjang yang lain, dan yang terpenting dalam menentukan keberhasilan adalah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Pelaksanaan. Ketiga berkontribusi dalam evaluasi, evaluasi terbagi menjadi dua macam yaitu evaluasi jangka panjang dan evaluasi jangka pendek. Evaluasi jangka pendek di lakukan dengan cara evalusi tengah semester, evaluasi akhir semester dan tingkah laku Siswa di Sekolah, untuk evaluasi jangka panjang dilakukan dengan melihat prilaku kehidupan siswa di luar sekolah atau masyarakat umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 01:47 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 01:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18806 |
Actions (login required)
View Item |