Peran Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Barizi, Hendra Ahmad (2015) Peran Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hendra Ahmad Barizi_084 113 007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan sangat ditentukan oleh perkembangan dunia pendidikan. Dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam menentukan arah maju mundurnya mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan di sekolah, dapat terwujud jika proses pembelajaran diselenggarakan secara efektif. Artinya, proses pembelajaran dapat berjalan secara lancar, terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jika proses pembelajaran telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka keadaan tersebut akan berdampak besar bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Komite sekolah sebagai lembaga mandiri yang salah satu tugasnya bersama-sama dengan warga masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan, maka juga harus ikut berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena sebagaimana disebut di atas, indikator tercapainya mutu pendidikan adalah jika proses pembelajaran berjalan lancar yang pada pucaknya berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana peran komite madrasah dalam menigkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun 2014/2015?. Sedangkan sub fokus masalahnya adalah: 1) Bagaimana peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek kognitif di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015?; 2) Bagaimana peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek afektif di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015?; 3) Bagaimana peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek psikomotorik di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah alHidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan khusus penelitian ini antara lain: 1) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek kognitif di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015?; 2) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek afektif di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015?; 3) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek psikomotorik di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2014/2015? digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Desa Bondoyudo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi tidak partisipatif, interview bebas terpimpin dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan tiga langkah, yaitu: 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode/tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran komite sekolah/madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek kognitif di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Bondoyudo, dilakukan dengan memberikan pertimbangan dan dukungan mengenai rencana program sekolah, perbaikan dan pengadaan sarana prasarana sekolah. Selain itu komite sekolah/madrasah juga mengontrol hasil penilain siswa selama satu semester. Komite sekolah/madrasah juga menjembatani (mediator) aspirasi berupa kritik dan saran dari orang tua siswa kepada sekolah demi terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan harapan; 2) Peran komite sekolah/madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek afektif, dilakukan dengan memberi pertimbangan dan dukungan terhadap kegiatan ekstrakurikuler; 3) Peran komite sekolah/madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa aspek psikomotorik, dilakukan dengan memberi pertimbangan dan dukungan terhadap kegiatan siswa yang meliputi kegiatan fisik siswa, seperti shalat berjemaah duha dan zuhur. Selain itu, komite sekolah/ madrasah juga menjadi mediator antara pihak sekolah dengan takmir masjid agar diberikan izin menggunakan masjid untuk kelancaran kegiatan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:59
Last Modified: 17 Feb 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item