Febrianto, Irfan (2015) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan Manajemen Konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Irfan Febrianto_084 103 073.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lembaga formal seperti Madrasah Aliyah Burhanul Abrar yang pelaksaannya melibatkan banyak komponen, sehingga terlihat beberapa konflik atau permasalahan yang perlu disikapi dan diselesaikan. Oleh karena itu, peneliti sengaja mengangkat permasalahan ini dalam judul skripsi yaitu: “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Manajemen Konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015”. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam perencanaan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam perencanaan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo tahun Pelajaran 2014/2015? (2) untuk mendiskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo tahun Pelajaran 2014/2015? (3) untuk mendiskripsikan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung kepala madrasah dalam manajemen konflik di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa: Kepemimpinan Bapak Sufyan sebagai Kepala Madrasah Aliyah BurhanulAbrar selama kurang lebihl ima tahun, telah banyak perubahan,Seperti: 1). Di bangunnya infrastruktur sekolah yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. 2) Sudah aktifnya proses keaktifan belajar mengajar yang sudah sesuai jadwal, walaupun ada sebagian guru yang mengajar kurang sesuai dengan jadwal. 3). Kepemimpinan kepala madrasah terlalu fokus pada pembangunan infrastruktur dan kurang keterbukaan dari kepala madrasah pada sebagian guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:28 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 02:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18891 |
Actions (login required)
View Item |