Arrozi, Moh. Ikhsan (2015) Aktivitas Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengelola Pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Moh. Ikhsan Arrozi_084 103 051.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepala Madrasah merupakan kunci utama sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab dalam mengelola di dalam sebuah lembaga/madrasah didalamnya untuk mencapai keberhasilan pendidikan yang dipimpinnya, karena kepala madrasah merupakan salah satu komponen yang berpengaruh terhadap kinerja guru, penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan, maupun pemberdayagunaan dan pemeliharaan saranana dan prasarana yang ada didalam madrasah tersebut, dengan demikian keterampilan manajerial seorang kepala madrasah merupakan bagian hal yang tidak dapat lepas dalam suatu aktivitas manajerial di sebuah lembaga/madrasah karena di dalamnya terdapat kemampuan bekerja sama dan bergaul dengan orang lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas perencanaan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015?, 2) Bagaimana aktivitas pengorganisasian kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015?, 3) Bagaimana aktivitas penggerakan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015? dan 4) Bagaimana aktivitas pengawasan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas perencanaan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas pengorganisasian kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015, 3) Untuk mendeskripsikan aktivitas penggerakan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015 dan 4) Untuk mendeskripsikan pengawasan kepala madrasah dalam mengelola pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa; 1) Aktivitas perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015 yaitu menganalisis tugas yang disesuaikan dengan kondisi madrasah yang berorientasi terhadap kebutuhan, mengidentifikasikan kebutuhan sesuai dengan lingkungan madrasah yang diprioritaskan terhadap aspek keagamaan didalam perencanaan pembelajarannya; 2) Aktivitas Pengorganisasian Kepala Madrasah dalam digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii Mengelola Pembelajaran yaitu merinci pekerjaan sesuai dengan kinerja yang akan dilaksanakan dalam struktur organisasi, pembagian tugas yang disesuaikan dengan bakat dan kompetensi yang dimiliki oleh para warga madrasah; 3) Aktivitas penggerakan kepala madrasah dalam pengelolaan pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015 yaitu terjalinnya kedekatan dengan para warga madrasah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, serta usaha yang keras untuk dapat memenuhi serta memfasilitasi akan setiap kebutuhan sesuai dengan yang dibutuhkannya; 4) Aktivitas pengawasan kepala madrasah dalam pengelolaan pembelajaran di MTs. Satu Atap Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015 meliputi adanya sebuah evaluasi dan perbaikan terhadap pembagian tugas dan tanggung jawab para warga madrasah dalam struktural organisasi yang keluar dari koridor yang telah direncanakan dengan cara membahas bersama kesenjangan-kesenjangan dan letak ketidaksinambungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18898 |
Actions (login required)
View Item |