Andini, Rista Dian (2016) Peran serta Masyarakat dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun pelajaran 2014/2015. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Rista Dian Andini_0849120017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Peran serta Masyarakat, pengembangan kurikulum Perkembangan pendidikan akan selalu seiring dengan perkembangan masyarakat yang sifatnya dinamis. Untuk itu, pendidikan harus mampu menjaring Peran serta aktif masyarakat untuk menjawab masalah-masalah pendidikan yang terjadi guna mendapatkan hasil yang terbaik dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui pengembangan kurikulum PAI. Gagasan pengembangan kurikulum PAI yang sesuai dalam menghadapi tantangan masa depan akan dapat terwujud dengan adanya Peran serta aktif semua pihak termasuk masyarakat dalam suatu lembaga pendidikan Adapun fokus umum penelitian ini adalah bagaimana peran serta masyarakat dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember ?. Sedangkan fokus penelitian khususnya yaitu; a) Bagaimana Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, b) Bagaimana Bentuk Peran serta masyarakat Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?, c) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat Peran serta masyarakat Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan peran serta masyarakat dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah: a) untuk mendeskripsikan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. b) untuk mendeskripsikan Bentuk Peran serta masyarakat Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 JemberTahun Pelajaran 2014/2015. c) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Peran serta masyarakat Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara: perpanjangan waktu pengamatan, ketekunan penelitian dan triangulasi. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, a) pengembangan tujuan kurikulum dijabarkan dalam visi, misi dan tujuan sekolah. b) pengembangan materi/isi kurikulum dilaksanakan bentuk kegiatan keagamaan yang berupa; kegiatan shalat dluha, shalat jum’at, pendalaman materi agama islam, khatmil qur’an, baca tulis al-qur’an, pengajian agama dan sebagainya. c) pengembangan strategi/metode pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi/metode yang variatif dan sesuai materi pelajaran yang diajarkan. d) organisasi kurikulum dilaksanakan dalam bentuk kurikulum bidang studi PAI. e) pengembangan evaluasi dilaksanakan dengan menerapkan bentuk tes dan non tes atau penilaian sikap terhadap mata pelajaran PAI. Kedua, bentuk partisipasi komite sekolah antara ide, aspirasi, saran, dana, tenaga yang disampaikan melalui pertemuan, diskusi, dialog, usulan tertulis, pemanfaatan nara sumber, penilaian program sekolah dan kontrol masyarakat terhadap sekolah dalam rangka pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan berbagai bentuk kegiatan keagamaan. Ketiga, Faktor pendorong peran serta masyarakat dalam pengembangan kurikulum PAI antara lain; a) adanya asas musyawarah dan komunikasi dengan baik terhadap komite, orang tua dan guru di sekolah melalui rapat. b) menjaga kualitas agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan. c) tersedianya fasilitas pendukung pembelajaran dan kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambat peran serta masyarakat dalam pengembangan kurikulum PAI yaitu pelaksanaan tugas Komite Sekolah belum optimal, motivasi komite sekolah untuk datang ke sekolah masih sebatas ketika ada masalah mendesak atau ada undangan dari sekolah, komite sekolah masih hanya sebatas mengontrol kebijakan pengembangan kurikulum dan mengontrol proses perencanaan program kurikulum, belum pada evaluasi kualitasnya. Sehingga, dukungan masyarakat masih sebatas masalah dana dan rasa kepemilikan masyarakat terhadap sekolah masih perlu ditingkatkan lagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:30 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 02:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18904 |
Actions (login required)
View Item |