Didin Dwi, Cahyono (2022) Pembelajaran Tajwid Melalui Metode Yanbu’a dengan Menggunakan Huruf Pegon di TPQ Miftahul Anwar “Al-Ma’unah” Kranjingan Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
DIDIN DWI CAHYONO_T20171092.pdf Download (4MB) |
Abstract
Didin Dwi Cahyono, 2022. Pembelajaran Tajwid Melalui Metode Yanbu‟a
Dengan Menggunakan Huruf Pegon di TPQ Miftahul Anwar “Al-Ma‟unah”
Kranjingan Sumbersari Jember
Kata Kunci: Pembelajaran tajwid, pegon, Yanbu'a
Dalam konteks pembelajaran tajwid melalui Metode Yanbu‟a dengan
menggunakan huruf pegon di TPQ, Ustaz/Ustazah lah yang berperan penting
untuk mendampingi santri dalam pembelajaran.
Pada Penelitian-penelitian sebelumnya, belum ada penelitian tentang
pembelajaran tajwid yang menggunakan dengan huruf pegon. Penulis merasa
penelitian tentang ini penting dilakukan untuk mengungkap bahwa pembelajaran
tajwid melalui metode Yanbu‟a dengan menggunakan huruf pegon itu sangat
menarik, karena arab pegon yang merupakan warisan leluhur Nusantara sejak
ratusan tahun lalu, itu masih dilestarikan di TPQ Miftahul Anwar “Al-Ma‟unah”.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik
Pembelajaran Tajwid dengan Metode Yanbu‟a menggunakan Huruf Pegon di
TPQ Miftahul Anwar “Al-Ma‟unah” Kranjingan Sumbersari Jember? 2) Mengapa
(Motif) Guru TPQ Miftahul Anwar “Al-Ma‟unah” mengajar Tajwid dengan
Metode Yanbu‟a menggunakan huruf Pegon? .
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Untuk mengidentifikasi permasalahan peneliti menggunakan
analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data,
display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi.
Adapun dari hasil penelitian yang didapatkan peneliti adalah: 1) Praktik
pembelajaran tajwid dengan Metode Yanbu‟a menggunakan huruf pegon di TPQ
Miftahul Anwar, langkah-langkah dalam pembelajarannya yaitu terdapat
pembuka, inti pembelajaran, dan penutup pembelajaran. 2) Motif guru melakukan
pembelajaran menggunakan huruf pegon diantaranya: Guru menginginkan santri
mengetahui dan paham menulis dan membaca huruf pegon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Depositing User: | Didin Dwi Cahyono |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18906 |
Actions (login required)
View Item |