Strategi Pembudayaan Entrepreneurship dalam Membangun Bisnis Pesantren Berbasis Alumni Network Forum (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan)

Jannah, Miftakhul (2019) Strategi Pembudayaan Entrepreneurship dalam Membangun Bisnis Pesantren Berbasis Alumni Network Forum (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Miftakhul Jannah_0839217020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembudayaan, Budaya, Enterpreneurship, Strategi, Manajemen Pesantren sebagai subkultur nusantara yang memiliki tradisi agung diharapkan dapat ikut berperan dalam era globalisasi ini. Globalisasi yang menganut paham liberalisme ini mendorong manusia untuk melakukan entrepreneur secara mandiri. Pada kondisi ini, beberapa subkultur harus bergerak menciptakan budaya entrepreneur masyarakat. Salah satu yang diharapkan mengambil peran itu adalah pesantren. Beberapa pesantren mulai mengambil peran penting dalam proses pembudayaan entrepreneur di masyarakat. Salah satunya adalah pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pemekasan Madura. Pesantren yang memiliki ribuan alumni ini telah berhasil menyusun strategi pengembangan unit bisnis. Semua dilakukan dengan mengandalkan jaringan forum alumninya. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi pembudayaan entrepreneurship dalam membangun usaha bisnis pesantren berbasis alumni network forum pondok pesantren darul ulum banyuanyar pamekasan?. 2) Bagaimana impikasinya? dan 3) Bagaimana usaha pesantren terbentuk?. Ketiga fokus ini akan dikaji dengan dua pendekatan teori yaitu teori managemen strategi Fred R. David dan Teori Pembudayaan Koentjaraningrat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data melalui proses interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik: observasi partisipan, wawancara, terbuka dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan: uji kredibilitas yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode . Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi dilaksanakan dengan beberapa tahap yakni formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi. Ketiganya tahapannya mengintegrasikan kesadaran utilitarianitas pesantren dan kesadaran santri. 2) implikasi strategi berdampak pada implikasi budaya ideal (Utilitarianitas dan ketaatan santri), budaya Sosial (sejumlah tindakan peningkatan profesionalitas) dan budaya konkrit (KSN dan perannya dalam kehidupan ekonomi masyarakat). 3) usaha bisnis yang dikembangkan memakai kontruksi modal dan pemasaran yang sangat unik. Kontruksi modal unit usaha keuangannya adalah dari dana alumni sebagai modal core dan ekuitasnya. Sedangkan pengembangan usaha mikro alumni didapatkan dari modal ekuitas KSN. Dalam kontruksi pemasaran dilakukan dengan memakai kesadaran santri dan semangat usaha mikro alumni sebagai instrumen penjaringan loyalitas agen dan konsumen KSN.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:48
Last Modified: 26 Apr 2021 05:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item