PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TEHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI SMAN 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Farin Zuhrotun Nisa, Farin PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TEHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI SMAN 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [Laporan Penelitian]

[img] Text
FARIN ZUHROTUN NISA'_T20188113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nisa Zuhrotun F, 2022, Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Tehnology Engineering And Mathematics) Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA di SMAN 2 Jember,
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis STEM, Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis, Ekosistem.
Rendahnya literasi sains dan kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia telah diidentifikasi oleh berbagai penelitian terdahulu. Berdasarkan studi SMAN 2 Jember, ditemukan bahwa literasi sains dan kemampuan berpikir kritis rendah. Hal ini membuat literasi sains dan kemampuan berpikir kritis di dalam pembelajaran biologi harus menjadi fokus untuk di tingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Ekosistem di SMAN 2 Jember. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Ekosistem di SMAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di SMAN 2 Jember. Populasi seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Jember tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas X MIPA 1,2,3,4,5,6,7,8. 2 kelas diambil secara acak untuk menjadi sampel, kedua kelas diuji homogenitas dan normalitas, sehingga diperoleh kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal (pre-tes dan post-test) dan dokumentasi serta analisis data menggunakan SOLARS (Simple On-line data Analysis using R-Shiny)++.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa i) Perlakuan pembelajaran berbasis STEM terhadap literasi sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMAN 2 Jember didapatkan nilai postes dengan skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan signifikan hasil uji t-tes sebesar 0,002745. Jika p. value > 0,05 maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan nilai yang signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berbasis STEM terhadap literasi sains peserta didik. ii) Perlakuan pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem kelas X MIPA di SMAN 2 Jember didapatkan nilai postes dengan skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan hasil uji t-tes adalah 0,0005898. Jika p. value > 0,05 maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan nilai yang signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Farin Zuhrotun Nisa'
Date Deposited: 16 Apr 2023 14:01
Last Modified: 16 Apr 2023 14:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18917

Actions (login required)

View Item View Item