Utama, M. Maulidin Alif (2015) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Ibadah bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Maulidin Alif Utama_084111019.pdf Download (3MB) |
Abstract
Siswa sebagai seorang muslim telah mendapatkan materi yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam melalui lembaga pendidikan atau sekolah. Pendidikan Agama Islam ini agar dapat mengarahkan siswa beribadah dengan baik, di dalam menerima pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam semua berhak menerima materi itu bahkan anak berkebutuhan khusus mereka juga berhak menerima materi Pendidikan Agama Islam. berbicara anak berkebutuhan khusus mereka memiliki sendiri sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki standar kompetensi sebagai petunjuk arah, salah satu standar kompetensinya adalah mampu beribadah dengan baik, sesuai dengan tuntunan syariat Islam baik ibadah sunnah maupun wajib Dilihat dari realita yang ada banyak sekali siswa yang telah menerima Pendidikan Agama Islam dapat beribadah dengan baik bahkan dengan sungguhsungguh dan konsisten. Berkaitan dengan hal ini Pendidikan Agama Islam sebagai disiplin ilmu dapat mengarahkan siswa beribadah dengan baik, idealnya seorang siswa bahkan siswa berkebutuhan khusus setelah menerima Pendidikan Agama islam dapat mengetahui tata cara serta syararat agar ibadahnya baik dan benar. Dilain pihak tidak jarang dijumpai bahwa siswa yang telah menerima materi Pendidikan Agama Islam secara maksimal justru ibadahnya rendah. Berdasarkan observasi awal peneliti, fenomena tersebut juga nampak pada beberapa siswa di SMALB YPAC Kaliwates Jember. Dari uraian diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi Pokok Masalah: ada pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap ibadah bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? dan Sub Pokok Masalah yang terdiri dari adakah pengaruh keimanan terhadap kedisiplinan sholat fardlu bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ? ; adakah pengaruh keimanan terhadap pembiasaan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? ; adakah pengaruh ibadah terhadap kedisiplinan sholat fardlu siswa bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 ; adakah pengaruh ibadah terhadap pembiasaan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kalwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi tidak menggunakan sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumenter. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Untuk menganalisa data yang diperoleh, penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif dengan rumus sebagai berikut : h h f f f X 2 2 0 ( ) Adapun alpha yang digunakan untuk menentukan harga kritik chi kuadrat adalah 5% pada derajat kebebasan (db)= 1. Selanjutnya untuk mencari kuat lemahnya pengaruh maka menggunakan dengan rumus KK (koefisien kontingensi) X N X C 2 2 dan Cmaks = Setelah peneliti melakukan penelitian dan analisis data maka memperoleh kesimpulan umum bahwa tidak ada pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap ibadah bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan kesimpulan khususnya terdiri dari: tidak ada pengaruh keimanan terhadap kedisiplinan sholat fardlu bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, tidak ada pengaruh keimanan terhadap pembiasaan membaca alQur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, ada pengaruh ibadah terhadap kedisiplinan sholat fardlu bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, dan tidak ada pengaruh ibadah terhadap pembiasaan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SMALB YPAC Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:12 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18961 |
Actions (login required)
View Item |