Implementasi Metode Tutor Sebaya Pada Gespa (Gerakan Siswa Peduli Aids) Dalam Pembinaan Etika Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi.

Fatimah, Siti (2015) Implementasi Metode Tutor Sebaya Pada Gespa (Gerakan Siswa Peduli Aids) Dalam Pembinaan Etika Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatimah_084 111 271.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika yang baik adalah melaksanakan kewajiban-kewajiban agama, menjauhi segala larangannya, memberikan hak kepada Allah, makhluk, sesama manusia dan alam sekitarnya dengan sebaik-baiknya sesuai fitrah manusia. Metode tutor sebaya menjadi salah satu sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Deskripsi diatas sebenarnya ingin mengetahui secara mendalam hal-hal yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu mengenai 1) bagaimana implementasi perencanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono?, 2) bagaimana implementasi pelaksanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono?, 3) bagaimana implementasi evaluasi metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui 1) implementasi perencanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono, 2) Implementasi pelaksanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono, 3) Implementasi evaluasi metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA dalam pembinaan etika islam siswa di MAN Srono. Cara operasional peneliti ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun selanjutnya analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif interaktif menurut Miles dan Hiberman yaitu data reduction, data display, data conclusion. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data peneliti penggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Implementasi perencanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA (Gerakan Siswa Peduli Aids) dalam pembinaan etika islam di MAN Srono Banyuwangi. Sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, baik dalam proses penentuan, perumusan dan pengkajian permasalahan yang dihadapi siswa, dalam kaitannya dengan etika islam proses ini menumbuhkan sikap kepedulian siswa terhadap teman dan lingkungan alam sekitar. Implementasi pelaksanaan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA (Gerakan Siswa Peduli Aids) dalam pembinaan etika islam di MAN Srono Banyuwangi. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu, penentuan tutor dilihat dari kecakapan, kesadaran dan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran ini. Kemudian, penyiapan tutor ini dilakukan oleh pembina dengan memberikan pentunjuk dan arahan kepada tutor bagaimana menyampaikan sebuah materi. Tahap akhir adalah membagi kelompok dengan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix ketentuan setiap kelompok terbagi menjadi 5 sampai 6 orang. Dari keseluruhan tahap ini sudah dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditentukan. Kaitannya dengan etika adalah dapat menumbuhkan jiwa sosial siswa, kerja sama serta kelestarian lingkungan sekitar. Implementasi evaluasi metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler GESPA (Gerakan Siswa Peduli Aids) dalam pembinaan etika islam di MAN Srono Banyuwangi. Evaluasi ini terbagi menjadi dua evaluasi saat pembelajaran dilaksanakan dan sesudah pembelajaran. Kaitannya dengan etika adalah dapat mengetahui seberapa jauh hasil yang didapat dari pelaksanaan metode tutor sebaya, sebagai isntrokspeksi diri, menghilangkan rasa tinggi hati dan belajar lebih baik kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item