Ahmad, Taufik (2015) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kopetensi Pedagogik Pendidik di SMK Nuris Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Taufik Ahmad_084 103 057.pdf Download (761kB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan jabatan karir yang diperoleh seseorang setelah sekian lama menjabat sebagai guru. Kepala sekolah memeiliki tanggung jawab ganda yaitu melaksanakan administrasi sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik, dan melaksanakan supervisi sehingga guru-guru bertambah dalam melaksanakan tugas-tugas pengajaran dan dalam bimbingan pertumbuhan murid. Kopetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelejaran di kelas bersama peserta didik yang meliputi aspek kelancaran pendidik dengan peserta didik di dalam kelas. Dengann diadakannya spervisi sekolah bertujuan untuk memebantu guru mengembangkan kopetensinya, menegmbangkan kurikulum yang ada di sekolah, dan mengembangkan kelompok kerja guru dan membimbing penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik di SMK Nuris Jember. 2) Bagaimana pelaksanan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. 3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik di SMK Nuris Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. 3) Mendeskripsikan evaluasi supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumentasi. Nalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses perencanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik di SMK Nuris Jember disusun pada awal tahun pelajaran sebelum kegiatan dilaksanakan dengan memasukan program kerja sekolah (RAPBS). 2) Pelaksanan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik menggunakan supervise individual dan supervise klasikal yang didalamnya meliputi; kunjungan kelas, rapat rutin, pelatian. 3) Evaluasi supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik yang ada di SMK Nuris Jember tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaannya yakni rapat rutin yang dihadiri oleh semua guru. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Dengan demikian, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam pengelolaan proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:41 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18989 |
Actions (login required)
View Item |