Subairi, Ahmad (2015) Paradigma Pendidikan Islam dalam Tinjauan Filosofis dan Metodologis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AHMAD SUBAIRI_084 083 319.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Islam di era perubahan telah kehilangan hakikatnya yakni mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (potensi dasar) anak didik melalui ajaran Islam kearah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya, karena paradigma yang dipakai tidak bisa menampilkan wajah Islam secara menyeluruh dan berakibat pada pengaburan hakikat manusia yang sesungguhnya. Sehingga dalam membendung dan memfilter kemajuan zaman perlu adanya sebuah konsep tentang pendidikan Islam yang lebih baik. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gagasan paradigma pendidikan Islam dalam tinjaun filosofis dan metodologis ?, (2) Bagaimana Pentingnya pendidikan Islam dalam tinjauan filosofis dan metodologis ?, (3) Bagaimana tinjauan filosofis paradigma pendidikan ?, (4) Bagaimana tinjauan metodologis paradigma pendidikan ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan gagasan tentang paradigma pendidikan Islam dalam tinjaun filosofis dan metodologis (2) menjelaskan pentingnya paradigma pendidikan Islam dalam tinjaun filosofis dan metodologis di era globalisasi; (3) menganalisa tinjauan filosofis paradigma pendidikan; dan (4) menganalisa tinjauan metodologis paradigma pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Gagasan paradigma pendidikan Islam dalam tinjauan filosofis dan metodologis adalah dalam rangka mendorong terjadinya perubahan dalam pendidikan. Paradigma pendidikan Islam dalam tinjaun filosofis dan metodologis adalah pendidikan Islam yang responsif terhadap perubahan dengan tetap berpijak pada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ajaran Islam. Paradigma ini lebih mengedepankan proses pengembangan peserta didik ke arah kesadaran pendidikan; (2) Pentingnya pendidikan Islam dalam tinjaun filosofis dan metodologis yaitu dalam hal peran vitalnya merespon perubahan sosial yang diakibatkan oleh proses globalisasi, suatu proses perubahan menuju ke arah pencapaian kualitas yang unggul, kualitas yang tercermin dalam segala aspek kehidupan; (3) secara filosofis, paradigma pendidikan didasarkan kepada beberapa asumsi berikut: (a) manusia diyakini punya kapasitas untuk berkembang dan berubah karena punya potensi untuk belajar, dan dibekali dengan kapasitas berfikir (b) manusia, sebagai makhluk yang tidak sempurna, punya panggilan ontologis dan historis untuk menjadi manusia yang lebih sempurna; dan (c) manusia adalah makhluk praksis yang hidup secara otentik hanya ketika terlihat dalam transformasi dunia; dan (4) secara metodologis, paradigma pendidikan dilaksanakan dengan vii digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id berbasis pada prinsip liberalisasi, humanisasi dan transendensi dengan metodologi yang dijadikan sebagai basis edukasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:42 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18997 |
Actions (login required)
View Item |