PenanamanNilai-NilaiPendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Muhadlarah bagi santri di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso.

Rukmandiyah, Siti (2015) PenanamanNilai-NilaiPendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Muhadlarah bagi santri di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rukmandiyah_084111047.pdf

Download (843kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat santri yang mengalami masalah seperti kurangnya rasa hormat terhadap yang lebih tua, kurangnya kasih sayang terhadap sesma dan yang lebih muda, dan terkadang terdapat para santri yang masih lalai dalam beribadah. Berdasarkanpermasalahaniniperlukiranyadicarimetodeyaitudengan penanaman nillai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan muhadlarah di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Akidah melalui kegiatan muhadlarah bagi santri di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso?; 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Syari’ah melalui kegiatan muhadlarah bagi santri di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso?; 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama islam dalam bidang Akhlak melalui kegiatan muhadlarah bagi santri di Pesantren Putri Al-Ishlah Bondowoso? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian; dari hasil penelitian yang di fokuskan penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan muhadlarah adalah: (1) untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Akidah dilakukan melalui ceramah atau pidato dan pemberian nasehat oleh para pengurus di akhir kegiatan muhadlarah.(2) penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama islam dalam bidang syari’ah melalui kegiatan muhadlarah dilakukan melalui ceramah atau pidato, pemberian nasehat-nasehat oleh para pengurus dan assatidzah, pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah memulai sesuatu serta ditetapkan hukuman bagi para santri yang melanggar. (3) penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam bidang akhlak dilakukan melalui ceramah dan selalu memberikan teladan yang baik kepada para santri, selalu diberikan perhatian dalam kegiatan muhadlarah dan keseharian santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item