Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri ( Smpn ) 1 Arjasa – Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Iza, Uslifatul (2015) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri ( Smpn ) 1 Arjasa – Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uslifatul Iza_084 111 016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yaitu karena masih banyak peserta didik yang belum memiliki disiplin belajar yang baik, motivasi untuk belajar masih kurang dan kebanyakan peserta didik disana dari keluarga yang kurang harmonis Salah satunya adalah keluarga Broken Home. Permasalahan seperti ini yang menjadi sebuah fenomena dalam dunia pendidikan, akibatnya peserta didik akan mengalami penurunan dalam hasil belajar, yang disebabkan oleh perhatian orang tua yang kurang, dan motivasi belajar dari peserta didik menurun. Sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang optimal. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMPN 1 Arjasa tahun pelajaran 2014/2015, 2) Apakah Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMPN 1 Arjasa tahun pelajaran 2014/2015, c) Apakah perhatian orang tua dan Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMPN 1 Arjasa tahun pelajaran 2014/2015 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi belajar baik secara individu maupun simultan terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smpn 1 Arjasa – Jember Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yakni mengukur Perhatian orang tua, motivasi siswa dan hasil belajar dengan menyebarkan kuesioner terhadap 95 peserta didik dengan menggunakan teknik stratified random sampling, setelah itu dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis Kuantitatif meliputi : Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, pengujian hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (r2 ). Data - data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perhatian orang tua yang diukur oleh hasil belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Besarnya pengaruh perhatian orang tua secara langsung terhadap hasil belajar belajar sebesar dalah 43%. 2). Motivasi belajar yang diukur oleh hasil belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Besarnya Motivasi belajar secara langsung terhadap hasil belajar belajar sebesar dalah 16%. 3). Secara simultan perhatian orang tua, motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dengan pengaruh sebesar 88,5% Sedangkan sisanya 11,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item