Sistem Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kewajiban Perusahaan AtasHak-Hak Tenaga Kerja Oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Jember Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Firqi, Muhammad (2018) Sistem Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kewajiban Perusahaan AtasHak-Hak Tenaga Kerja Oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Jember Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Firqi_083 142 067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini membahas tentang pelaksanaan pengawasan terhadap kewajiban perusahaan atas hak-hak tenaga kerja. Karena belum terpenuhinya hak pekerja/buruh untuk mendapatkan hak-haknya tersebut. Untuk menjamin agar hak-hak dasar pekerja/buruh terpenuhi maka, pengawasan sangat penting dalam berperan mewujudkan hak-hak dan kewajiban tenaga kerja/buruh. Namun seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya waktu tahun ke tahun jumlah perusahaan semakin meningkat. Akan tetapi dengan meningkatnya perusahaan tidak di iringi dengan kepatuhan untuk memberlakukan/mewujudkan hak-hak dan kewajiban tenaga kerja/buruh. Maka dari itu peneliti melihat fenomena tersebut tertarik untuk membahasnya dan menjadi ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pelaksanaan pengawasan yang di lakukan oleh pengawas Dinas Tenaga kerja Kabupaten Jember terhadap kewajiban perusahaan atas hak-hak tenaga kerja? 2) Apa kendala dan upaya yang di lakukan oleh Dinas Tenaga kerja Kabupaten Jember dalam pelaksanaan pengawasan tehadap kewajiban perusahaan atas hak-hak tenaga kerja? 3) Bagaimana tinjauan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, terhadap pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh pengawas Dinas Ketenagakerjaan? Tujuan peneltian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan yang di lakukan oleh pengawas Dinas Tenaga kerja Kabupaten Jember terhadap kewajiban perusahaan atas hak-hak tenaga kerja, 2) Untuk Mendeskripsikan kendala dan upaya yang di lakukan oleh Dinas Tenaga kerja Kabupaten Jember dalam pelaksanaan pengawasan tehadap kewajiban perusahaan atas hak-hak tenaga kerja. 3) Untuk Mendeskripsikan tinjauan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, terhadap pelaksanaan pengawasan yang di lakukan oleh pen gawas Dinas Tenagakerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif, analisis datanya yaitu mendeskripsikan objeknya dalam bentuk narasi yang didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentar keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) sistem pengawasan yang dilakukan menggunakan pengawasan langsung, pengawasan tidak langsung, pengawasanpreventiv dan pengawasan represiv 2) Salah satu hal yang menjadi kendala yaitu minimnya pegawai pengawas, kurang patuhnya perusahaan terhadap peraturan yang berlaku, kurangnya sarana dan prasaran transportasi pegawai pengawas Dinas tenaga kerja Kab.Jembe, dengan berupaya memaksimalkan kerjanya dalam mengawasi perusahaan. 3) pengawasan yang dilakukan yaitu sudah sesuai dengan UU No.13 Tahun 2003, hanya saja dalam praktiknya belum optimal, karena terbatasnya jumlah pegawai pengawas yang hanya 2 orang, dan perusahaan yang berjumlah sebanyak 880 yang terdaftar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19038

Actions (login required)

View Item View Item