PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI SMP UNGGULAN AL-ANWARI BANYUWANGI TAHUN 2022/2013

SITI AMINATUS, SHOLEHAH (2022) PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI SMP UNGGULAN AL-ANWARI BANYUWANGI TAHUN 2022/2013. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI AMINATUS S. T20181340 (PAI).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Sorogan, Pembelajaran Kitab Kuning.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya program unggulan kitab kuning di SMP
Unggulan Al-Anwari sebagai ekstra sekolah yang menjadi penguat salah satu mata pelajaran
agama di SMP Unggulan Al-Anwari banyuwangi. Selain itu, siswa siswi yang menempuh
jenjang pendidkan SMP sudah bisa membaca dan mempelajari kitab kuning dengan baik dan
benar, pembelajaran kitab kuning juga memerlukan cara atau metode untuk membantu
pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, maka diperlukanlah metode yang tepat
untuk memudahkan proses pembelajaran kitab kuning di SMP Unggulan Al-Anwari yaitu
dengan menerapkan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning yang merupakan salah
satu upaya guru untuk meningkatkan dan membantu siswa agar bisa lebih memahami materi
kitab kuning dengan maksimal.
Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana perencanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Unggulan
Al-Anwari Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran
kitab kuning di SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi metode
sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan metode
sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi, 2)
Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di
SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode sorogan
dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi.
Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis pendekatan
deskriptif. Dan penentuan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. Pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan
yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Untuk memeriksa
keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan penerapan metode
sorogan dalam pembelajaran kitab kuning yang dimulai dari menyiapkan perangkat
pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, kamus Bahasa arab, kitab kuning Fathul Qorib,
kitab Jurumiyah dan Nadhom Alfiyah. 2) Pelaksanaan penerapan metode sorogan dalam
pembelajaran kitab kuning kegaiatan belajar ini diawali dengan membaca tawasul dan surah
fatihah, dilanjut dengan doa bersama sebelum belajar, kegiatan intinya menerjemahkan kitab
dengan bahasa yang mudah dipahami siswa. lalu, meminta siswa maju satu persatu untuk
membaca kitab, serta memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kedudukan kalimat serta
menjelaskan materi-materi yang sebelumnya sudah diajarkan. 3) Evaluasi penerapan metode
sorogan dalam pembelajaran kitab kuning menggunakan tes lisan berupa tanya jawab,
Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada siswa mengenai kalimat, kedudukan
dan mu‟rob sesuai dengan materi yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs SHOLEHAH SITI AMINATUS
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:09
Last Modified: 22 Feb 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

View Item View Item