Sistem Jual Beli Padi Menggunakan Panjar Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus Di Desa GunungsariKecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2015 )

Arishandy, Efendy (2015) Sistem Jual Beli Padi Menggunakan Panjar Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus Di Desa GunungsariKecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2015 ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Efendy Arishandy_083 102 035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu sistem jual-beli yang kini berkembang, yaitu pemberlakuan uang panjar sebagai tanda pengikat kesepakatan. Istilah ini dikenal dengan DP (Down of Payment)/ uang muka. Di desa Gunungsari kec. Maesan kab Bondowoso terdapat adat/ kebiasaan melakukan transaksi jual beli dengan sistem panjar yaitu adanya dua pihak yang terlibat, pembeli sebagai pemilik uang sedang yang satunya petani sebagai penjual juga penghasil barang dengan imbalan nanti setelah panen penjual tersebut tidak boleh menjual atau mengalihkan barang kepada orang lain. Akan tetapi, kenyataannya jual beli tersebut mengandung unsur ketidakpastian karena antara penjual dan pembeli setelah memberikan uang panjar tidak jelas kapan akan melunasi dan mengambil barang dari pihak penjual (petani). Fokus penelitian skripsi ini bagaimana sistem jual beli padi menggunakan panjar persepektif Islam di desa gunungsari kecamatan maesan kabupaten bondowoso tahun 2015. Pokok masalah yang dibahas 1). Bagaimana proses transaksi jual beli padi menggunakan panjar menurut persepektif Islam. 2). Bagaimana akad jual beli menggunakan panjar menurut perspektif hukum Islam. Tujuan umum penelitian ini adalah Mendiskripsikan sistem jual beli padi menggunakan panjar persepektif Islam di desa gunungsari kecamatan maesan kabupaten bondowoso tahun 2015. Tujuan khususnya 1). Mendeskripsikan proses transaksi jual beli padi menggunakan panjar persepektif Islam. 2). Mendeskripsikan akad jual beli menggunakan panjar perspektif hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Field research (Studi lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif normatif, dimana peneliti ini memaparkan dan menguraikan hasil penelitian sesuai dengan pengamatan dan penelitian yang dilakukan pada saat di lapangan. Kesimpulan penelitian, bahwa praktek transaksi dengan uang panjardi desa gunungsari kecamatan maesan kabupaten bondowoso tidak diperbolehkan menurut hukum Islam, karena mengandung unsur ketidakpastian. Sedangkan kesimpulan khsusnya, 1) Proses transaksi di desa gunungsarihukumnya tidak sah dan dan tidak boleh walaupun telah memenuhi syarat dan rukun jual beli, karena ada unsur ketidakpastian didalamnyadan akan mendapatkan dosa apabila transaksi tersebut menyebabkan kerugian dari salah satu pihak. 2). Akad jual beli semacam ini menurut persfektif Islam tidak sah karena merugikan salah satu pihak. jual beli sistem panjar dalam pandangan hukum Islam tidak sah, sebab dalam jual beli tersebut ada beberapa unsur yang tidak diperbolehkan disamping itu larangan jual beli tersebut karena adanya hadist yang melarangnya, dan ada syarat fasad(rusak).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:05
Last Modified: 22 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item