Rosiqin, Ahmad Taufiq (2019) Perubahan Sistem pendidikan (Studi kasus di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah Curahlele Balung Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Taufiq Rosiqin_084 141 558.pdf Download (5MB) |
Abstract
kata kunci: Perubahan Sistem Pendidikan Pesantren Perubahan Sistem Pendidikan Pesantren merupakan sebuah tuntutan perubahan sistem pendidikan dengan menyesuaikan dengan kemajuan zaman, perkembangan iptek, dan perkembangan peserta didik, dengan begitu pesantren dapat bersaing dengan pendidikan formal lainnya dan pesantren tetap eksis. Fokus Penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perubahan Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? 2) faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sistem pendidikan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perubahan sistem pendidikan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah; 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sistem pendidikan Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asyhariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain:1)Perubahan sistem pendidikan Pesantren Salafiyah Safi’yah Asyhariyah terjadi juga untuk perkembangan pondok pesantren itu juga, melakukan sebuah perubahan untuk kemajuan pondok pesantren dan juga mengutamakan kebutuhan peserta didik saat ini dengan menyesuaikan atau menerima tantangan reformasi global, banyak perubahan yang terjadi dalam perkembangan pola pendidikan ini seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tetapi juga ada perubahan dalam unsur-unsur pendidikan pesantren seperti masjid, santri, asrama. Pertambahan bangunan-bangunan pondok pesantren dengan renovasi ataupun pembangunan yang baru, fasilitas pendidikan formal juga di sediakan pondok pesantren untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai tujuan pendidikan pondok pesantren yang telah ditetapkan. 2). Pondok Pesantren memperhatikan perkembangan sekitar untuk mempertahankan eksistensi pondok pesantren itu, pesantren juga harus bersifat terbuka atas kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan seperti itu nama pesantren akan tetap ada dan masih di percaya sebagai lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang mampu mengajarkan ilmu-ilmu agama. Dan pastinya menjadi lembaga pendidikan yang sejarahnya menjadi pendidikan tertua di indonesia dan pertama, yang masih eksis sampai sekarang meskipun sudah berumur ratusan tahun pondok pesantren tetap mampu menjadi sebuah lembaga pendidikan agama terpercaya di Indonesia dengan menopang tradisi lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19105 |
Actions (login required)
View Item |