Romadon, Akhmad Rifqi (2019) Implementasi Nilai-nilai pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Akhmad Rifqi Romadon_T20151060.pdf Download (45MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti SDN Kemuning Lor 3 letaknya berdekatan dengan warung remang-remang yang sering sebagai tempat bolosnya kalangan pelajar. Di lembaga tersebut juga menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter agar siswa dan siswinya memiliki karakter yang baik. Dari hasil wawancara dengan ibu Yuni Farida selaku Guru Pendidikan Agama Islam bahwasannya, di SD ini juga pernah ditemukan adanya siswa yang merokok di belakang sekolah pada saat istirahat dan diberi sanksi teguran orang tuanya dipanggil ke sekolah, selain pelanggaran tersebut juga sering terjadi pelanggaran seperti telat masuk sekolah, atribut pakaian tidak lengkap, membuang sampah sembarangan dan lain-lain, sehingga diberi sanksi yang sesuai dengan pelanggarannya. Sehingga pelanggara-pelanggaran tersebut perlu di terapkannya nilai-nilai pendidikan karakter. Fokus Penelitian : (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber dari olah hati Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber dari olah pikir Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember? (3) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber dari olah raga Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember? (4) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber dari olah rasa Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember? Tujuan Penelitian : (1) Mendeskripsikan implementasi nila-nilai karakter yang bersumber olah hati Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember. (2) Mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber Olah Pikir Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember. (3) Mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber olah raga Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember. (4) Mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter yang bersumber olah rasa Ki Hadjar Dewantara Prespektif Sita Acetylena di SDN Kemuning Lor 3 Arjasa, Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Alasan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif adalah karena selain peneliti lebih tertarik untuk membuat karya ilmiah berupa deskriptif juga karena kondisi objek penelitian yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research, subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Implementasinya nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan-kegiatan seperti disiplin masuk sekolah, disiplin mengerjakan PR, upacara bendera, dan Jum’at membaca Surat Yasin berjamaah. (2) Implementasinya melaliui kegiatan guru menyuruh siswa agar menghias kelasnya dengan baik agar siswa tidak jenuh dalam belajar dan hasil ulangan harian siswa dipajang di tembok belakang bertujuan agar siswa lebih termotivasi sehingga siswa lebih semngat lagi belajarnya.(3) Implementasinya melalui kegiatan membersihkan lingkungan sekolah dan merawat tanaman yang ada di sekitar sekolah hal ini di lakukan oleh seluruh warga sekolah. (4) Implementasinya melalui kegiatan siswa bersalaman kepada dewan guru pada saat masuk sekolah dan pulang sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19106 |
Actions (login required)
View Item |