Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Husnaini, Anni (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anni Husnaini_T201510013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yaitu suatu jenis ilmu pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan cara khusus yaitu dengan observasiobservasi, eksperimen-eksperimen, penyimpulan pembentukan teori antara yang satu dengan yang lainnya yang dikenal dengan metode ilmiah. Faktanya penerapan pembelajaran IPA di sekolah masih kurang efektif. Hasil wawancara peneliti dengan siswa mengungkapkan bahwa guru belum kreatif menggunakan fasilitas yang tersedia di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Selain itu guru sering menggunakan metode ceramah, pemberian tugas, dan belum memanfaatkan dengan baik sarana laboratorium yang ada. Sementara itu, sekolah memiliki laboratorium dengan alat dan bahan yang cukup memadai untuk melakukan kegiatan praktikum. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa rendah, sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat IPA. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat IPA ialah model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa pada tema Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada siswa kelas VII SMPN 6 Jember Tahun Ajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa pada tema klasifikasi materi dan perubahannya pada siswa kelas VII SMPN 6 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan masalah menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan Microsoft Office Excel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di SMPN 6 Jember menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa pada tema klasifikasi materi dan perubahannya dengan hasil uji-t data posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,043 > 2,002), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum, Keterampilan proses sains siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item View Item