Upaya Guru Dalam Pengelolahan Kelas di Madrasyah Aliyah Nurul Qona’ah di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Ishaq, Arfila Maulana (2019) Upaya Guru Dalam Pengelolahan Kelas di Madrasyah Aliyah Nurul Qona’ah di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arfila Maulana Ishaq_084 121 373.pdf

Download (16MB)

Abstract

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu, dalam hal bahasa Indonesia guru umumnya merujuk profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatik menilai dan mengerahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Di Madrasah Aliyah Nurul Qona’ah memliki sistem pengelolaan unik sehingga menarik utnuk diteliti. Seperti penataan ruang kelas penataan tempat duduk yang bertujuan agar siswa merasa nyaman dalam proses pemberdayaan, dan ilmu yang diterapkan oleh pendidik bersikap dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Upaya Guru dalam Pengelolaan Kelas di Madrasah Aliyah Nurul Qona’ah di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Upaya Guru dalam pengembangan kreatifitas secara dinamis di Madrasah Aliyah Nurul Qona’ah di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field reaserch dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa: Pengelolaan kelas merupakan upaya guru dalam mengelola segala sumber daya yang ada dalam lingkungan kelas untuk menciptakan dan mempertahankan suasana pembelajaran yang kondusif, guna keperluan dan kepentikan menciptakan proses pembelajaranyang menarik dan menantang bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Nurul Qona’ah terdiri atas ruang lingkup berupa penataan lingkungan fisik ruang kelas menciptakan lingkungan kondusif untuk belajar membangun komunikasi yang baik, dan pengendalian tingkah laku peserta didik. Penataan ruang fisik lingkungan kelas dilakukan oleh para guru dengan tujuan dapat membuat peserta didik merasa nyaman dan sangat senang sehingga mencegah timbulnya kebosanan, karena ruang kelas adalah sarana sebagai tempat belajarnya sehari-hari. Walaupun keadaan kelas seadanya tapi melalui penataan ini kelas terlihat menarik dan betah untuk ditempati sehingga dapat mencegah timbulnya rasa bosan pada diri peserta didik. Penataan lingkungan fisik ruang kelas juga digunakan oleh guru untuk mengatasi masalah jangkauan perhatian guru kepada beberapa peserta didik. Sehingga dengan penataan yang tepat dapat memudahkan guru memberikan perhatian kepada seluruh peserta didik dengan merata Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dilakukan oleh para guru dengan tujuan dapat mendorong para peserta didik menjadi begitu semangat mengenai pengalaman belajar mereka di madrasah dan mengenai aktivitas mereka. Upaya guru dalam menciptakan lingkungan kondusif untuk mencegah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix adanya hubungan inter personal yang tidak harmonis antar guru dengan guru, guru dengan peserta didik dan peserta didik dengan peserta didik sehingga menghambat proses pembelajaran yang tidak berkualitas dan mengatasi lingkungan yang tidak mendukung pembelajaran efektif dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item View Item