Perbedaan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember.

Wulandari, Deasy Putri Ayu (2019) Perbedaan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deasy Putri Ayu Wulandari_T20151391.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang memiliki banyak konsep bacaan yang dimana membutuhkan ingatan dan strategi yang tepat untuk memahami isi didalamnya. Strategi adalah taktik yang digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Salah satu strategi yang bisa membantu siswa dalam memahami konsep bacaan adalah strategi PQ4R. Dimana strategi ini bisa mendorong siswa memiliki ingatan dalam jangka panjang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Apakah ada perbedaan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dengan strategi konvensional? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dengan strategi konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperimen, peneliti menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namun tidak secara acak memasukkan (nonrandom assignment) para partisipan kedalam dua kelompok tersebut (misalnya, mereka bisa saja berada dalam satu kelompok utuh yang tidak dapat dibagi-bagi). Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control design. Hasil penelitian dengan α yang digunakan adalah 0.05 dengan pengujian satu arah dengan df = n – k = 15 -2 = 13. Dengan menggunnakan Microsoft excel maka dapat ditemukan ttabel sebesar 2.16 dengan rumus fungsi TINV(0.005,13). Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan jika thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 4.332. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item View Item