Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Pada Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Amalia, Friska Nata (2019) Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Pada Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Friska Nata Amalia_T20151203.pdf

Download (16MB)

Abstract

Strategi Everyone is a Teacher Here merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berfikir peserta didik. Strategi pembelajaran merupakan inovasi yang dipilih dan digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran dan dapat membangkitkan semangat peserta didik, yang pada akhirnya proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan menyenangkan. Pendidikan Madrasah Mambaul Ulum Kaliacar Gading selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dianjurkan untuk selalu berinovasi dan variataif dalam kegiatan pembelajaran agar problem yang dialami sebelumnya bisa teratasi termasuk didalamnya ialah dianjurkan untuk memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana penerapan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020 ?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020. 3)Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran SKI di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kaliacar Gading Tahun Pelajaran 2019/2020 Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Deskriptif, penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman dengan tahapan, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, serta keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran SKI menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here yakni dengan a) menyiapkan perangkat pembelajaran secara terlampir, b) menyiapkan bahan yang dibutuhkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran SKI dengan strategi Everyone is a Teacher Here yakni dengan a)menjelaskan materi b) memberikan potongan kertas yang telah disiapkan, b) mengumpulkan potongan kertas pada guru c)memberikan soal secara acak, d) menjawab dengan sistem siapa cepat dia dapat.3) Evaluasi pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here ini menggunakan evaliasi formatif dan unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:44
Last Modified: 24 Feb 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item