Nurhasanah, Iin (2019) Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Islam di Desa Kamal Arjasa Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Iin Nurhasanah_T20151048.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anak merupakan generasi penerus bangsa, maka baik buruknya seorang anak dalam masa depan ditentukan oleh pendidikan yang diterima anak tersebut. Mereka akan mampu menjadi hijab api neraka manakala dididik dengan menggunakan keindahan Islam. Pendidikan yang baik yakni berawal dari keluarga. Untuk itu Islam telah memberikan petunjuk bagi ibu hamil untuk memperhatikan pendidikan anak dalam kandungannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pemahaman ibu hamil di desa Kamal Arjasa mengenai pendidikan pranatal perspektif Islam? 2). Bagaimana penerapan pendidikan pranatal dalam perspektif Islam oleh ibu hamil di desa Kamal Arjasa? 3). Apa unsur pendorong dan pengahambat bagi ibu hamil desa Kamal Arjasa dalam menerapkan pendidikan pranatal?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan pemahaman ibu hamil desa Kamal mengenai pendidikan pranatal perspektif Islam. Untuk mengetahui penerapan pendidikan pranatal perspektif Islam di desa Kamal. Untuk mengetahui unsur pendorong dan pengahambat ibu hamil desa Kamal dalam menerapkan pendidikan pranatal perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Pemahaman ibu hamil desa Kamal mengenai pendidikan pranatal yakni mereka mengetahui dan percaya bahwa anak dalam kandungan sudah dapat di didik dan merespon apa yang orang tua lakukan. 2). Penerapan pendidikan pranatal bagi ibu hamil desa Kamal yakni berupa menggunakan interaksi dengan anak, stimulus berupa sentuhan, serta komunikasi. Mereka dalam menerapkan pendidikan pranatal menggunakan beberapa prinsip yakni: prinsip cinta dan kasih sayang, prinsip tauhidiyah, prinsip akhlak dan kebiasaan baik, prinsip keterlibatan ayah dan kedua orang tua. Disertai dengan metode yang menunjang prinsip tersebut. 3). Unsur pendorong bagi ibu hamil dalam menerapkan pendidikan pranatal yakni: unsur lingkungan, unsur pendidikan dan unsur keagamaan. Sedangkan unsur penghambat bagi ibu hamil yakni: kondisi ekonomi dan kondisi fisik serta psikis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19149 |
Actions (login required)
View Item |