Pembelajaran Imla’ Dalam Melatih Menulis Arab Santriwati di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom.

Oktavia, Lailatul (2020) Pembelajaran Imla’ Dalam Melatih Menulis Arab Santriwati di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Oktavia_T20151303.pdf

Download (12MB)

Abstract

Bahasa memegang peranan penting dalam hidup manusia. Dengan bahasa, seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain, baik itu secara lisan atau tulisan, dengan bahasa juga sseorang bisa menyampaikan kesan, pesan dan gagasan yang ada dalam pikiran. Baik itu bahasa inggris, arab dan lain lain. Dalam bahasa ada empat kemahiran yang saling mendukung satu sama lain diantaranya adalah kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca dan kemahiran menulis. Keempat kemahiran tersebut saling mendukung dalam berbahasa seseorang, begitupun dengan kemahiran menulis. Imla’ yang berarti pedoman menulis Arab dan tatanan praktis bagaimana seorang guru mendektekan atau membacakan teks-teks bacaan yang sederhana. Oleh sebab itu keterampilan menulis arab harus diperkenalkan sejak dini sesuai kaidah imla’, agar sejak dini apeserta didik bisa menulis Arab dengan baik dan benar. Karena jika ada kesalahan dari bebarapa tulisan Arab atau penempatan harokat yang salah akan memiliki arti yang berbeda pula. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat AlIslamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian yang dilakukan peneliti, antara lain: 1) perencanaan pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat AlIslamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom berupa perumusan tujuan dan menentukan materi pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom berupa penggunaan metode dan sumber belajar. 3) evaluasi pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom meliputi dua tahap yaitu evaluasi pada akhir pembelajaran dan evaluasi pada ujian awal semester dan akhir semester yang biasanya disebut ujian syafahi dan ujian tahriri. 4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Imla’ di Madrasatul Muallimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Baitul Arqom yaitu adanya motivasi dari dalam diri santriwati untuk bisa menulis arab dengan baik dan benar serta kendalanya adalah santriwati masih sulit membedakan mana saja huruf yang dapat disambung dan huruf yang tidak bisa disambung serta masih ada beberapa tulisan mereka yang salah dalam penulisan imla’nya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19160

Actions (login required)

View Item View Item