Pembelajaran Ilmu Hadits melalui Kitab Al-Baits fi Ikhishari Musthalahil Hadits di MA Miftahul Ulum An-Nur Probolinggo.

Ishaq, Maulana (2019) Pembelajaran Ilmu Hadits melalui Kitab Al-Baits fi Ikhishari Musthalahil Hadits di MA Miftahul Ulum An-Nur Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulana Ishaq_T20151118.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kesuksesan pelaksanaan pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan memang tidak hanya ditentukan oleh faktor pembelajaran yang tepat dan praktik atau pengalaman semata. Ada banyak sekali faktor yang saling berkaitan dan berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Salah satunya dalam pemelajaran ilmu hadits banyak peserta didik yang kurang memahami istilah-istilah yang terdapat dalam ilmu tersebut, hal itu dikarenakan banyaknya istilah-istilah serta pengertian-pengertian yang ada dalam ilmu tersebut. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: (1). Bagaimana perencanaan pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits. (2) ) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran ilmu hadits melalui kitab Al-baits fi Ikhtishari Musthalahil Hadits?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya penelitian lapangan dan subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, data display dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran Ilmu Hadits, guru lebih memaksimalkan penyiapan materi secara matang berupa kitab Al-Baits yang dikarang langsung oleh Kyai Nurkhotim Bahar, namun belum membuat RPP dalam persiapan mengajar. (2) pelaksanaan pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah yang diselingi dengan musafahah yakni tanya jawab antara guru dengan para siswa mengenai masalahmasalah yang belum dipahami oleh siswa. (3) evaluasi Ilmu Hadits melalui kitab Al-Baits menggunakan dua metode yaitu evaluasi formatif yang dilaksanakan pada setiap akhir pelajaran dan evaluasi sumatif pada ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item