Faqih, Mohammad Abdullah (2019) Prosedur Pembelajaran Fiqih Dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Abdullah Faqih_084 141 361.pdf Download (47MB) |
Abstract
Prosedur pembelajaran menjadi komponen penting yang berguna di pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran fiqih, untuk meningkatkan kedisiplinan dalam ibadah siswa. Melalui komponen-komponen penting dalam aktivitas pembelajaran, seperti pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. MTs Al-Irsyad Bondowoso merupakan madrasah yang mempergunakan seluruh komponen pembelajaran tersebut dengan efektif guna mencapai tujuan madrasah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yakni: (1) Bagaimana Pendekatan Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019? (2) Bagaimana Metode Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019? (3) Bagaimana Teknik Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan Pendekatan Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019. (2) Mendeskripsikan Metode Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019. (3) Mendeskripsikan Teknik Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan jenis Field Research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Hubberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan yakni: (1) Pendekatan Pembelajaran Fiqih dalam Membentuk Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa di MTs Al-Irsyad Bondowoso yang dilaksanakan oleh para guru yakni dengan memposisikan diri sebagai panutan dan pembimbing siswa sekaligus mendekatkan diri pada siswa sebagai teman baik. Hal ini dikarenakan para siswa dipandang sebagai insan yang akan berguna bagi masyarakat, baik masyarakat di sekolah sendiri maupun di masyarakat yang sesungguhnya, melalui penyebaran-penyebaran nilai-nilai dalam kepribadian siswa tersebut. (2) Metode pembelajaran fiqih di MTs AL-Irsyad Bondowoso dalam meningkatkan disiplin ibadah siswa cukup bervariasi. Mulai dari metode ceramah hingga tadrij. Hal itu dimaksudkan untuk membentuk kedisiplinan ibadah mahdlah siswa. (3) Teknik pembelajaran fiqih di MTs ALIrsyad Bondowoso yang digunakan guru-guru berbeda sesuai dengan ciri khas guru, namun dalam penerapannya diusahakan untuk dikombinasikan. Hal itu bertujuan agar nilai-nilai yang ada dalam materi dapat meresap dan tercermin pada perilaku siswa dalam kesehariannya dan meningkatkan kedisiplinan ibadah mahdlah siswa. Kata Kunci: Prosedur Pembelajaran Fiqih, Kedisiplinan Ibadah Mahdhah Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19173 |
Actions (login required)
View Item |