Fiqri, Nuril (2019) Pembelajaran Iman dan Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nuril Fiqri_T20151078.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan dapat menjadi tempat untuk menyiapkan anak-anak dan generasi muda agar mampu melakukan peran-peran tertentu di masa depannya. Realitanya, generasi muda Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan. Dalam proses pencarian jati diri dan menuju pribadi yang mandiri, para remaja saat ini terlibat dalam seks bebas, kekerasan, obat-obatan terlarang, dan problem psikologis. Kuttab Al-Fatih hadir dengan membawa jawaban dari permasalahan di atas. Dengan konsep pendidikan Islam zaman klasik, menjadikan Kuttab Al-Fatih sebagai harapan baru untuk membangun karakter generasi penerus bangsa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran iman dan al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran iman dan al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran iman dan al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah, 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Iman dan Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Iman dan Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Iman dan Al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif Miles dan Hunberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh hasil 1) Perencanaan pembelajaran iman dan alQur’an di Kuttab Al-Fatih Jember dengan pembuatan RKK (rencana kegiatan Kuttab) setiap pekannya dan bergilir untuk setiap guru. 2) pelaksanaan pembelajaran iman dan al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Jember: a) materi pokok yang digunakan untuk pembelajaran iman Kuttab Awal mengambil dari modul alam dan modul manusia. Serta modul kisah untuk Kuttab Qonuni. Sedangkan untuk pembelajaran al-Qur’an Kuttab awal menggunakan baghdadiyah dan Kuttab Qonuni menggunakan al-Qur’an. b) media yang digunakan dalam pembelajaran iman dan al-Qur’an di Kuttab Al-Fatih Jember adalah media papan tulis, spidol, alat peraga baghdadiyah untuk menunjang kegiatan pembelajaran. c) metode yang digunakan dalam pembelajaran iman dan al-Qur’an masih sangat klasik, seperti : ceramah, tanya jawab, talaqqi, jama’i. 3) evaluasi pembelajaran iman dan alQur’an di Kuttab Al-Fatih Jember menggunakan evaluasi formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:14 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19196 |
Actions (login required)
View Item |